HomeInfo SehatPencernaan3 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Mag
Pencernaan

3 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Mag

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 09 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sering merasakan gejala mag? Inilah 3 hal yang wajib Anda kethui tentang penyakit ini!

3 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Mag

Mag merupakan jenis penyakit yang hampir setiap orang pernah merasakan gejalanya. Begitu banyak informasi tentang penyakit mag hingga sulit memilah mana yang benar-benar penting untuk Anda ketahui. Inilah tiga hal tentang mag yang wajib Anda ketahui:

  1. Apa itu mag dan bagaimana mengetahui bahwa Anda menderita mag.          

Pada dasarnya, mag adalah iritasi pada dinding lambung yang secara normal berfungsi untuk melindungi lambung dari asam dan kuman. Pada penyakit mag, terganggunya keadaan dinding lambung dapat disebabkan beberapa hal –seperti bakteri, obat-obatan tertentu, dan alkohol. Gejala yang umumnya dirasakan penderita mag antara lain nyeri perut, rasa begah, kembung, mual-muntah, dan berkurangnya nafsu makan. Gejala ini biasanya dirasakan setelah makan –ketika lambung memproduksi asam, dan 3-4 jam setelah makan saat lambung mulai kosong. Ini akan membaik saat penderita mengonsumsi makanan.

  1. Jika mengalami gejala mag, inilah pemeriksaan yang harus dilakukan.

Untuk mengetahui penyebab dari gejala mag, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik ke area perut. Dapat pula dilakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Pada penderita mag, biasanya akan dilakukan pemeriksaan gastroskopi untuk melihat kondisi dinding esofagus, lambung, dan usus. Pemeriksaan gastroskopi dilakukan dengan memasukkan alat melalui mulut, dan berlangsung sekitar 5-10 menit.

  1. Jika terdiagnosis mag, begini cara mengatasinya.

Cara yang paling sederhana mengatasi mag adalah mencari pemicunya –seperti stres, pola makan tidak teratur, konsumsi alkohol, atau merokok. Ubah gaya hidup yang dapat menyebabkan mag. Jika hal ini belum bisa menghilangkan gejala mag, maka diperlukan terapi obat-obatan untuk menanganinya. Beberapa obat yang biasanya diberikan pada penderita mag adalah Proton Pump Inhibitor (PPI) –seperti omeprazole, H2 Blocker –seperti ranitidine, dan antasida untuk menetralkan asam dalam lambung.

Demikian tiga hal yang harus Anda ketahui tentang mag. Sayangi tubuh Anda, deteksi dini gejala mag dan atasi dengan pola hidup sehat!

(NB/RH)

Masalah PencernaanMaagAsam LambungMag

Konsultasi Dokter Terkait