Sukses

Mag Sebabkan Anemia, Benarkah?

Mag. Kami yakin Anda sudah sering mendengarnya. Namun pernahkan Anda mendengar tentang anemia karena sakit mag? Simak selengkapnya di sini.

Anda pasti sudah mengetahui apa itu sakit mag, bukan? Penyakit yang sering terjadi ini memang kerap menimbulkan banyak keluhan yang menyertai. Bahkan ada pendapat yang menyebutkan bahwa mag juga dapat sebabkan anemia. Benarkah ini?

Menurut penelitian, yang sebenarnya berhubungan secara langsung dengan terjadinya anemia adalah tukak lambung atau peptic ulcer, bukan mag. Tukak lambung adalah perlukaan pada lambung yang terjadi karena adanya iritasi, biasanya karena infeksi Helicobacter pylori. Namun mag merupakan salah satu faktor risiko yang kemudian dapat berlanjut menjadi tukak lambung, sehingga mag juga kemudian dapat menyebabkan anemia.

Seperti yang telah disebutkan, infeksi H. pylori menyebabkan terjadinya tukak lambung. Nah, infeksi H. pylori yang berulang akan mengubah ekspresi gen di jaringan lambung dan liver.

Pada darah, kadar besi yang cukup sangatlah penting. Pengatur utama metabolisme besi di tubuh adalah peptida antimikroba bernama hepcidin yang diproduksi di liver. Hepcidin juga diproduksi di lambung, namun dalam jumlah yang rendah. Jumlah Hepcidin yang berlebih dapat mengganggu proses absorpsi besi dan menurunnya transportasinya ke pembuluh darah.

Selain fungsi di atas, hepcidin juga berperan penting sebagai protein fase akut pada infeksi sehingga terjadinya radang biasanya akan meningkatkan jumlah hepcidin. Hal inilah yang terjadi pada tukak lambung. Infeksi H. pylori akan menyebabkan peningkatan jumlah hepcidin, yang kemudian mengganggu proses metabolisme besi di tubuh. Kurangnya absorpsi besi akan menyebabkan terganggunya sistem pembuluh dan darah yang ujung-ujungnya menyebabkan anemia defisiensi besi. Inilah alasan mengapa tukak lambung dapat menyebabkan anemia.

Namun Anda yang menderita mag tidak perlu khawatir berlebihan. Sebagian besar penyakit sebenarnya dapat dicegah dan diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, menjaga asupan nutrisi, cukup beristirahat dan jauhi stres. Jika mag yang Anda alami sudah melewati batas wajar, segeralah periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan lebih dini sebelum penyakit tersebut berubah menjadi tukak lambung, atau bahkan anemia.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar