Sukses

Cara Penuhi Kebutuhan Gizi Anak dengan Tepat

Apa saja gizi yang wajib dipenuhi selama masa pertumbuhan anak? Baca ulasannya berikut ini.

Anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Susu dan produk susu merupakan salah satu bahan makanan yang berperan dalam pertumbuhan.

Susu termasuk makanan yang tinggi kalsium, karena itu sangat baik untuk tulang. Selain itu, susu diperkaya dengan vitamin D yang juga berperan pada pertumbuhan tulang. Kandungan nutrisi lainnya di dalam susu seperti protein, fosfor, vitamin A, dan beberapa jenis vitamin B juga tak kalah pentingnya bagi tubuh.

Produk susu seperti yoghurt dan keju pun baik untuk dikonsumsi anak. Jangan takut anak menjadi gemuk, justru anak-anak hingga usia 2 tahun membutuhkan lemak untuk perkembangan dan pertumbuhan otak. Jika sudah di atas usia 2 tahun, barulah Anda dapat memberikan susu dan produk susu dengan kandungan lemak lebih rendah.

Selain susu dan produk susu, sebaiknya makanan anak Anda mengandung sumber makanan berikut:

  • Protein: makanan laut, daging, unggas, telur, kacang-kacangan, kacang kedelai, biji-bijian (seeds).
  • Buah: berikan anak Anda buah-buahan yang bervariasi (dapat dalam bentuk buah segar, buah beku atau buah yang sudah dikeringkan). Hal tersebut lebih baik daripada memberikan jus buah, karena kandungan vitamin di dalam jus buah sudah berkurang.
  • Sayur-sayuran: berikan berbagai macam sayuran mulai dari sayuran berwarna hijau, merah, dan oranye. Semakin bervariasi semakin baik karena setiap sayur mengandung nutrisi yang berbeda.
  • Biji-bijian (grains): pilih bahan makanan yang mengandung biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh, oatmeal, quinoa, beras merah, beras cokelat. Batasi konsumsi biji-bijian olahan.

Anak-anak membutuhkan makanan bernutrisi untuk beraktivitas sehari-hari dan menyokong proses pertumbuhan serta perkembangannya. Gizi kurang/buruk pada batita dalam jangka pendek dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak, otot, komposisi tubuh, dan metabolisme gula, lemak serta protein. Sedangkan, dalam jangka panjang dapat berpengaruh terhadap kemampuan nalar, prestasi pendidikan, kekebalan tubuh, dan produktivitas kerja. Oleh sebab itu, optimalkan pertumbuhan anak melalui pemenuhan makanan yang bernutrisi.

Untuk menciptakan Generasi Platinum yang berkualitas, dukungan gizi dan pendidikan yang baik sangatlah penting. KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu mendukung tumbuh kembang anak Anda. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1. Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

  1. Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

  1. Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

  1. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

[RS]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar