Sukses

Tip Agar Anak Sukses di Sekolah

Kenali gaya belajar yang tepat untuk anak, agar ia bisa sukses dan berprestasi di sekolah.

Kesuksesan anak di sekolah bukan hanya menjadi urusan anak dan guru saja. Orangtua juga turut berperan –salah satunya dengan mengenali gaya belajar yang sesuai untuk anak. Gaya belajar yang tepat dapat mendukung prestasinya di sekolah.

Setiap anak memiliki gaya belajarnya masing-masing. Terdapat tiga gaya belajar dasar, yaitu: auditori, visual, dan kinestetik. Sebagai contoh, seorang guru meminta murid-muridnya untuk mengatakan hal yang terlintas pertama kali di kepala ketika mendengar kata ‘sapi’. Sebagian anak yang melihat gambaran sapi kemungkinan besar memiliki gaya belajar visual. Anak-anak yang mendengar suara sapi temasuk dalam kategori auditori. Sedangkan, sebagian lain yang merasakan menyentuh kulit sapi memiliki gaya belajar kinestetik.

Gaya belajar setiap anak dapat berbeda bergantung dari bagaimana cara sebuah informasi diproses di otak. Belajar merupakan cara anak merespons terhadap rangsangan dunia luar dan untuk memahami informasi baru. Karena itu, salah satu kunci keberhasilan anak di sekolah adalah dengan mengenali gaya belajar yang tepat. Anak Anda mungkin kesulitan dalam mengeja huruf dibandingkan teman sebayanya. Jangan langsung berpikiran yang aneh-aneh, bisa saja gaya belajar yang diterapkan tidak sesuai dengan anak Anda.

Jika anak mengalami kesulitan dalam proses belajar di sekolah, saatnya Anda mulai mengeksplorasi dan berkreasi. Cari tahu bagaimana gaya belajar yang diterapkan oleh sekolah anak, kemudian cobalah gunakan pendekatan yang berbeda di rumah. Anda juga dapat mendiskusikannya dengan guru di sekolah. Contohnya, untuk memudahkan anak Anda yang memiliki gaya belajar visual mengeja, Anda dapat menuliskan huruf-huruf di papan tulis. Sedangkan, untuk anak yang memiliki gaya belajar kinestetik, dapat dibantu dengan meminta menyusun balok huruf.

Bereksperimen dengan gaya belajar yang berbeda dapat mencegah anak merasa frustrasi dalam proses belajar, serta meningkatkan keberhasilannya di sekolah. Dengan mengenali gaya belajarnya sendiri, anak pun akan menjadi lebih percaya diri saat mengerjakan tugas. Anda juga dapat mengetahui kekuatan anak dalam belajar, sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Jadi, teruslah bantu anak untuk menemukan gaya belajar yang paling cocok untuknya. 

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar