HomeGaya hidupDiet dan NutrisiAlasan Mengapa Anda Harus Berhenti Makan Gorengan
Diet dan Nutrisi

Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Makan Gorengan

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 20 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Makan gorengan memang bisa membuat penikmatnya lupa diri. Rasa renyah dan gurih menjadi daya tarik utama dari gorengan. Namun, jangan sampai Anda menghiraukan dampak buruk dari makan gorengan!

Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Makan Gorengan

Hampir semua orang menyukai makanan yang digoreng, terutama gorengan yang dijual di pinggir jalan. Gorengan tidak hanya gurih namun juga murah, sehingga kerap dijadikan camilan di rumah bahkan kantor. Makan gorengan pun telah menjadi sesuatu yang biasa. Namun, apakah Anda tahu bahwa makan gorengan dalam jumlah banyak memiliki bahaya bagi kesehatan Anda?

  • Kandungan minyak jenuh

Gorengan, sesuai namanya, adalah makanan yang diolah dengan cara digoreng. Gorengan mengandung kandungan lemak jenuh, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Untuk mencegah datangnya penyakit yang tidak diinginkan ini, tentu Anda wajib mengurangi porsi makan gorengan.

  • Bahaya kertas bekas pembungkus gorengan

Biasanya, gorengan dibungkus dengan menggunakan kertas bekas. Tak jarang, kertas bekas ini adalah kertas bertinta bekas dokumen kantor. Tinta dapat melarut jika bersentuhan dengan panasnya gorengan, sehingga ikut tertempel pada gorengan. Apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka tinta dapat terakumulasi dalam tubuh Anda.

  • Kandungan radikal bebas minyak goreng

Umumnya, minyak yang digunakan dalam menggoreng adalah minyak yang digunakan terus-menerus. Kandungan minyak yang digunakan terus-menerus mengandung banyak radikal bebas yang buruk bagi kesehatan Anda. Selain itu, pedagang gorengan biasanya menjual makanan gorengan di pinggir jalan yang dilalui oleh banyak kendaraan. Jadi, gorengan yang dijajakan terpapar dengan banyak debu dan polusi kendaraan.

  • Bahaya kantong plastik hitam sebagai pembungkus gorengan

Kantong plastik hitam yang digunakan untuk membungkus gorengan adalah plastik hasil daur ulang. Jika digunakan secara langsung untuk membungkus makanan, panas dari gorengan dapat menyebabkan terlepasnya bahan-bahan berbahaya ke dalam makanan.

  • Risiko kanker usus

Radikal bebas dan kandungan lemak tidak jenuh merupakan berbagai zat yang tidak baik bagi kesehatan saluran cerna – yang meningkatkan risiko terjadinya kanker usus.

Makan gorengan memang telah menjadi kebiasaan. Mungkin Anda termasuk satu dari banyak orang yang senang menikmati makan gorengan di rumah sembari menonton televisi atau ketika rapat bersama teman-teman kantor. Tapi kini Anda telah mengetahui bahwa gorengan ternyata mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, cobalah pikirkan kembali apa jenis camilan Anda hari ini. Ketimbang makan gorengan, lebih baik Anda memilih camilan yang lebih sehat dan bermanfaat seperti buah-buahan. Yuk, mulai ubah pola makan Anda!

Makan gorenganHealth News

Konsultasi Dokter Terkait