Sukses

Tingkatan Kolesterol di Dalam Darah

Mengenali tingkat kolesterol dalam darah akan membuat Anda senantiasa melakukan pola hidup sehat guna menjaga kadar kolesterol tetap dalam nilai yang normal. Berikut selengkapnya.

Kolesterol merupakan zat yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan hormon. Namun tingkat kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan –seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah guna menjaga pola hidup agar terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol.

Pemeriksaan tingkat kolesterol dalam darah dapat dilakukan di rumah sakit, puskesmas ataupun beberapa tempat yang menyediakan jasa layanan pemeriksaan kolesterol secara cepat. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, pemeriksaan dilakukan terhadap kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserida. Pengukuran kadar kolesterol dilakukan dengan mengetahui berapa milligram (mg) kolesterol yang terdapat dalam setiap desiliter (dL) darah.

Berikut ini nilai rujukan untuk jenis-jenis kolesterol yang ada dalam darah:  

High Density Lipoprotein (HDL)

High-Density Lipoprotein (HDL) sering sebagai kolesterol baik, karena substansi ini mencegah adanya penumpukan kolesterol pada dinding arteri yang akhirnya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. HDL akan membawa kolesterol jahat ke dalam hati untuk selanjutnya di metabolisme di organ tersebut. Jumlah HDL yang rendah akan menyebabkan kolesterol jahat menumpuk dalam pembuluh darah. Sayuran, kacang-kacangan, serta rutin berolahraga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

HDL (high-density lipoprotein)

< 40 (pria): Berisiko

< 50 (wanita): Berisiko

> 60: Baik

Kolesterol Total

Kolesterol total adalah jumlah dari semua lemak yang beredar dalam darah. Biasanya, dengan melihat kadar kolesterol total dan HDL saja, dokter atau petugas medis sudah dapat menggambarkan kondisi umum kolesterol Anda.

Kolesterol Total

< 200: Normal

200-239: Batas kadar kolesterol tinggi

> 240: Risiko tinggi

Low Density Lipoprotein (LDL)

Low Density Lipoprotein (LDL) dianggap sebagai kolesterol jahat. Risiko penyakit jantung dan stroke akan naik seiring dengan peningkatan substansi ini di dalam darah Anda. Sayuran, kacang-kacangan, serta rutin berolahraga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. (Buat seperti ini, ada planstanolnya untuk menurunkn LDL)

LDL (low-density lipoprotein)

< 100: Optimal

100-129: Hampir optimal

130-159: Agak tinggi

160- 189: Tinggi

> 190: Sangat tinggi

Trigliserida

Trigliserida juga mirip dengan LDL. Peningkatan kadar trigliserida dalam darah akan membawa Anda pada risiko penyakit jantung, stroke dan gangguan pembuluh darah lainnya. Sayuran, kacang-kacangan, serta rutin berolahraga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. (tips untuk jada kadar normal)

 

Trigliserida

< 150: Baik

150-199: Agak tinggi

200-499: Tinggi

>500: Sangat tinggi

Mengenali tingkat kolesterol dalam darah akan membuat Anda senantiasa melakukan pola hidup sehat guna menjaga kadar kolesterol tetap dalam nilai yang normal.

 (NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar