Sukses

Mengenal Keluhan di Pagi Hari pada Radang Sendi

Bagi mereka yang menderita radang sendi, keluhan di pagi hari bukanlah hal asing. Kenali apa itu keluhan di pagi hari, bagaimana cara mencegah dan mengatasinya di sini.

Bagi mereka yang menderita radang sendi, keluhan pagi hari bukanlah hal asing. Pasalnya, penderita radang sendi sering merasakan kekakuan sendi di saat pagi hari yang dapat menyebabkan rasa nyeri sendi –terutama jika digunakan dan dipaksa bergerak. Saat keluhan di pagi hari terjadi, pastinya akan sangat mengganggu aktivitas Anda selanjutnya.

Apa Penyebabnya?

Sebenarnya mekanisme terjadinya keluhan dipagi hari pada penderita radang sendi belum diketahui secara pasti oleh para ilmuwan. Ada beberapa teori mengenai penyebab munculnya kekakuan di pagi hari pada penderita radang sendi.

Teori yang pertama mengatakan bahwa keluhan di pagi hari disebabkan oleh fenomena gel. Ini berarti kekakuan terjadi setelah sendi diistirahatkan dalam periode waktu yang lama –misalnya akibat tidur di malam hari– sehingga menyebabkan munculnya rasa kaku di pagi hari. Teori ini lebih menjelaskan mekanisme keluhan di pagi hari pada penderita radang sendi akibat osteoartritis (pengapuran sendi).

Sementarateori kedua menduga keluhan di pagi hari disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon glukortikoid pada malam hari. Salah satu fungsi hormon ini adalah mengurangi rasa nyeri dan peradangan di dalam tubuh, sehingga penurunan produksi hormon ini di malam hari dapat menyebabkan keluhan pagi di hari pada penderita radang sendi. Teori ini lebih menjelaskan mekanisme keluhan pagi di hari pada penderitaradang sendi akibat penyakit rematik.

Durasi keluhan pagi hari dapat bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya. Pada orang yang mengalami radang sendi akibat penyakit rematik, keluhan dapat dirasakan lebih dari satu jam. Sedangkan pada orang yang mengalami radang sendi akibat osteoartritis, keluhan biasanya hanya berlangsung kurang dari 30 menit. Perbedaan durasi keluhan disebabkan oleh perbedaan mekanisme yang menyebabkan gejala, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Cegah dan Atasi

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya keluhan di pagi hari pada penderita radang sendi  adalah dengan melakukan pengobatan dan kontrol rutin ke dokter.Tidur dengan posisi yang nyaman bagi lutut, tidur dengan suhu ruangan yang hangat, melakukan gerakan peregangan sendi saat baru bangun tidur, mandi air hangat di pagi hari juga membantu. Sebaiknya Anda juga tidak langsung memaksakan sendi untuk melakukan aktivitas berat di pagi hari.

Jika keluhan di pagi hari akibat radang sendi muncul, Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan kompres hangat pada sendi yang mengalami keluhan atau menggunakan obat oles khusus. Namun jika keluhan tidak hilang setelah beberapa jam, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(NB)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar