Sukses

3 Penyebab Bau Badan yang Sering Tidak Disadari

Bau badan bukan hanya menjadi masalah yang berpengaruh terhadap kondisi fisik saja, namun juga kondisi psikologis seseorang. Ini dia 3 penyebab bau badan yang sering tidak disadari.

 

Bau badan dapat menjadi masalah kesehatan yang membuat sakit kepala. Sebabbau badan bukan hanya menjadi masalah yang berpengaruh terhadap kondisi fisik saja, namun juga kondisi psikologis seseorang. Ini karena bau badan dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, frustasi, dan terus-menerus merasa malu dengan dirinya sendiri.

Tiga hal yang menyebabkan terjadinya bau badan, yakni:

  1. Bakteri dan Keringat

Bau badan muncul karena jumlah bakteri di permukaan kulit yang semakin bertambah. Bakteri-bakteri ini kemudian mengubah keringat dan minyak yang dikeluarkan tubuh menjadi aroma tertentu. Dengan bertambahnya produksi keringat seseorang, maka jumlah bakteri juga semakin bertambah.

Peningkatan produksi keringat yang menyebabkan bau badan juga dipengaruhi oleh kondisi-kondisi lain.Misalnya: peningkatan suhu udara, cuaca yang panas, stres, kecemasan, dan rasa gugup. Selain itu, faktor kebersihan tubuh juga memegang peranan yang penting.

Bau badan memang dapat berasal dari bagian tubuh mana saja. Namun kaki dan ketiak adalah dua bagian tubuh yang paling sering. Dengan kata lain, jika ketiak dan kaki tidak terjaga kebersihannya, sering berkeringat dan basah, maka risiko terjadinya bau badan akan semakin meningkat.

  1. MakanandanMinuman

Secara tidak disadari, makanan ternyata juga bisa menjadi biang keladi terjadinya bau badan. Makanan yang mengandung sulfur –seperti; brokoli, kubis, dan kol– dapat menyebabkan bau badan. Bawang-bawangan yang memiliki aroma kuat juga termasuk di dalam makanan yang perlu dihindari jika ingin terhindar dari bau badan.

Biang keladi bau badan lainnya adalah alkohol. Saat seseorang mengonsumsinya, alkohol akan dimetabolisme oleh hati menjadi asam asetat. Sisa alkohol yang tidak dimetabolisme akan dikeluarkan melalui keringat dan saluran napas.

  1. KebersihanDiri

Selain itu, jika Anda ingin terbebas dari bau badan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan tubuh. Keringat dapat dikendalikan dengan mandi teratur menggunakan sabun, minimal 2 kali sehari. Kebersihan diri yang terjaga dapat turut menjaga kelembapan tubuh dalam batas wajar, sehingga mencegah terjadinya bau badan.

Terbebas dari bau badan secara otomatis dapat meningkatkan percaya diri. Untuk itu, menghindari penyebab terjadinya bau badan dapat membantu Anda terbebas dari bau badan!

(NB)

Baca Juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar