Otot dan Sendi

Mengobati Keseleo dengan Mudah

dr. Muhammad Anwar Irzan, 07 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Keseleo dapat diatasi dengan metode RICE. Kenali lebih jauh soal metode tersebut di sini.

Mengobati Keseleo dengan Mudah

Keseleo bisa terjadi pada persendian lain selain kaki, seperti siku dan pergelangan tangan. Menangani kondisi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan R.I.C.E, singkatan dari Rest (Istirahat), Ice (Es Batu), Compress (Kompres), dan Elevate (Tinggikan). Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Istirahatkan

Pergelangan kaki atau tangan dengan tidak berjalan atau melakukan aktivitas yang dapat memperparah cedera.

2. Es 

Digunakan untuk mencegah atau setidaknya mengurangi pembengkakan. Jangan meletakkan es langsung pada kulit (gunakan pembalut seperti kain atau bahan yang halus). Selain itu, hindari menempelkan es lebih dari 20 menit, karena berisiko menyebabkan hipotermi jaringan.

3. Kompres 

Dapat membantu mengontrol pembengkakan serta mengurangi cedera.

4. Tinggikan 

Kaki atau tangan juga penting, karena dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Untuk gangguan keseleo yang lebih kompleks, pedoman RICE tetap dapat Anda ikuti. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi nyeri akibat keseleo dapat berlangsung lebih lama.

Selain itu, ada beberapa obat yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi nyeri. Salah satunya adalah obat-obatan golongan anti-inflamasi nonsteroid. Tapi ingat, obat-obatan tersebut tidak boleh dikonsumsi sembarangan dan harus atas rekomendasi dokter.

Setelah pedoman RICE dan obat-obatan diberikan, Anda dapat melakukan aktivitas peregangan yang bisa dilakukan di rumah –tentunya atas saran dokter. Gerakan ringan diketahui dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Untuk kasus-kasus yang lebih berat, langkah operasi dapat ditempuh.  

Layaknya cedera otot, keluhan nyeri akibat keseleo dapat dikurangi dengan melakukan hal-hal di atas. Berkunjung ke dokter juga berguna untuk menentukan terapi yang memadai.

nyeriCedera OtotNyeri Otot & SendiKeseleo

Konsultasi Dokter Terkait