Ginjal dan Saluran Kemih

Sakit Pinggang, Pertanda Sakit Ginjal?

dr. Muhammad Anwar Irzan, 06 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit pinggang sering dihubungkan dengan sakit ginjal, mulai dari batu ginjal hingga infeksi saluran kemih. Namun, benarkah setiap keluhan sakit pinggang merupakan dampak dari gangguan ginjal?

Sakit Pinggang, Pertanda Sakit Ginjal?

Sakit pinggang yang diakibatkan oleh gangguan ginjal ataupun bukan pada dasarnya sulit dibedakan. Namun, sakit pinggang yang disebabkan oleh gangguan ginjal, biasanya berada pada bagian tulang rusuk terbawah dan panggul. Sedangkan, keluhan yang disebabkan oleh otot biasanya terjadi pada pinggang bagian bawah.

Sakit pinggang yang diakibatkan oleh gangguan ginjal atau saluran kemih umumnya terjadi karena infeksi saluran kemih atau batu ginjal.

Untuk pengobatan sakit pinggang akibat gangguan ginjal, Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri (ibuprofen, ketorolac, atau parasetamol). Sementara itu, jika kasusnya adalah infeksi bakteri pada saluran kemih, antibiotik dapat digunakan namun harus dengan pemeriksaan dan instruksi dokter.

Sakit pada pinggang akibat gangguan ginjal atau infeksi saluran kemih dapat dicegah. Cukupkan kebutuhan air putih serta hindari duduk terlalu lama.

Apabila mencurigai sakit pinggang yang Anda alami disebabkan oleh gangguan ginjal, segera periksakan diri ke dokter. Diagnosis dapat dilakukan dengan wawancara riwayat pasien, pemeriksaan fisik, dan tes laboratorium berupa pemeriksaan darah dan tes urine. Untuk kasus-kasus tertentu, terkadang pemeriksaan dengan CT scan atau MRI juga dibutuhkan.

Baca Juga:

sakit ginjalgangguan ginjalPencegahan Nyerisakit pinggang

Konsultasi Dokter Terkait