Kesehatan Umum

Sakit Kepala? Mungkin Ponsel Anda Penyebabnya!

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 04 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernahkah Anda merasa sakit kepala saat menggunakan ponsel? Jika ya, bisa jadi pemicunya adalah ponsel Anda sendiri.

Sakit Kepala? Mungkin Ponsel Anda Penyebabnya!

Siapa yang tidak memiliki ponsel di zaman sekarang? Teknologi yang satu ini memang semakin sulit untuk ditinggalkan. Namun, penggunaan ponsel secara konstan juga tidak baik bagi kesehatan. Ada beberapa keluhan yang bisa timbul karenanya, yaitu sakit kepala dan gangguan tidur. Ya, terdapat penelitian yang menyimpulkan adanya hubungan antara penggunaan ponsel dan sakit kepala. Bagaimana mekanismenya?

Radiofrekuensi dan Sakit Kepala

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa radiasi dari ponsel dapat menyebabkan sakit kepala. Penelitian yang dilakukan di Swedia dan Amerika Serikat ini menemukan bahwa pasien mengalami sakit kepala yang lebih sering setelah terpapar gelombang radiofrekuensi. Padahal, sebelumnya mereka tidak merasakan keluhan sakit kepala.

Dampak buruk lainnya dari radiasi ponsel adalah gangguan tidur. Orang yang menggunakan ponsel sebelum tidur, diketahui memerlukan waktu yang lebih lama untuk masuk ke dalam fase tidur yang lebih dalam. Nah, apabila tidur kurang nyenyak, sakit kepala juga bisa menyerang.

Menurunkan Radiasi dari Ponsel

Bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya harus berhubungan dengan ponsel, tentu hal ini cukup mengkhawatirkan. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan radiasi dari ponsel:

  • Pasanglah headset atau speakerphone saat menelepon. Kurangi menggunakan ponsel secara langsung.
  • Matikan ponsel di malam hari, terutama saat hendak tidur.
  • Jangan menyimpan ponsel di kantong celana, khususnya jika sedang berada di rumah dan tidak menggunakan ponsel.  

Walaupun penelitian tersebut berskala kecil dan efek radiasi ponsel masih memerlukan riset lanjutan, hasil dari penelitian tetap patut diperhatikan. Bersikaplah bijaksana dan berhati-hati dalam menggunakan ponsel. Tidak mau, ‘kan, jika kesehatan Anda terganggu hanya gara-gara ponsel?  

PonselPenyebab Sakit KepalaSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait