Sukses

Apa Penyebab Sakit Kepala Belakang?

Pernahkah Anda merasakan sensasi sakit kepala di bagian belakang? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami sakit kepala tegang.

Sakit kepala tegang (tension headache) termasuk jenis sakit kepala yang umum dialami. Beberapa menyebutkan bahwa sakit kepala tegang terasa seperti tekanan yang mengikat kepala Anda. Beberapa gejala lain yang juga dikeluhkan, di antaranya: kesulitan tidur, mudah lelah, lebih sensitif terhadap cahaya dan suara, serta nyeri otot. Sakit kepala ini dapat berlangsung selama 30 menit sampai beberapa hari.

Tidak ada penyebab khusus dari sakit kepala tegang. Pengaruh genetik pun belum ditemukan. Namun, kebanyakan sakit kepala tegang diakibatkan oleh stres sehari-hari. Pemicu lain dari sakit kepala ini adalah tidak cukup istirahat, posisi duduk yang salah, cemas, atau depresi.

Sakit kepala tegang paling baik diobati ketika gejalanya masih ringan. Tujuan dari terapi sakit kepala tegang adalah untuk mencegahnya agar tidak terjadi lebih sering dan mengurangi rasa sakit. Untuk pencegahan, Anda dapat mencoba beberapa kiat berikut:

  • Hindari pencetus

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sakit kepala tegang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya stres. Karena itu, menghindari stres adalah salah satu cara untuk mengurangi keluhan sakit kepala ini. Selain itu, istirahatlah yang cukup dan konsumsi makan yang bergizi.

  • Teknik relaksasi

Jika Anda sedang stres, cobalah berbagai terapi relaksasi. Terapi relaksasi ini dapat berupa melakukan hal-hal yang menyenangkan, meditasi, atau yoga.

  • Gunakan obat pengurang rasa nyeri

Jika sakit kepala terasa sangat mengganggu, Anda dapat mencoba obat yang tersedia di apotek. Pilihlah obat golongan parasetamol, karena berguna untuk mengurangi rasa nyeri.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami sakit kepala di bagian belakang. Namun, jika keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai cara di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar