Sukses

Manfaat Kecerdasan Kinestetik untuk Anak

Setiap anak memiliki kecerdasan serta potensi masing-masing. Apa itu kecerdasan kinestetik dan manfaatnya untuk anak?

Kecerdasan kinestetik merupakan kapasitas untuk memanipulasi objek dan melakukan berbagai macam keterampilan fisik. Hal yang menonjol dari kecerdasan ini meliputi keseimbangan, kelenturan, kecepatan, dan koordinasi dalam keterampilan fisik. Anak-anak dengan kecerdasan ini menjelajahi dunia dengan otot-ototnya, senang bergerak, serta dapat menggunakan objek dengan tangkas. Mereka memiliki keterampilan motorik kasar dan halus yang baik. Mereka juga mengekspresikan diri atau belajar melalui aktivitas fisik.

Menurut Howard Gardner, seorang pakar psikologi, kecerdasan kinestetik merupakan hadiah tersembunyi bagi banyak anak karena membantu mereka belajar dalam arti praktis. Dengan kecerdasan ini, anak dapat belajar sesuai tingkat kenyamanan, tingkat kepercayaan diri, dan potensi kreatif mereka. Mereka terlibat dalam interaksi sosial yang positif, menjadi terampil memecahkan masalah, dan dapat mengasah kreativitasnya dengan cara mengekspresikan diri.

Selain hal-hal di atas, kecerdasan kinestetik juga memiliki manfaat lain, yaitu;

  • Meningkatkan pemahaman berbagai macam konsep dan bahasa. Bagi anak-anak dengan kecerdasan kinestetik, sebuah konsep akan lebih dimengerti melalui aktivitas fisik. Misalnya, konsep ‘besar dan kecil’ dicirikan melalui gerakan yang berbeda. Hal lain seperti meniru aksi atau suara binatang juga mempermudah mereka memiliki asosiasi antara kata-kata, suara, dan artinya.
  • Mendorong perkembangan keterampilan kognitif seperti mengurutkan kejadian/proses dan mengikuti petunjuk.
  • Meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial melalui aktivitas berkelompok yang membutuhkan komunikasi dan kerja sama. Mereka juga belajar nilai-nilai kepercayaan, disiplin, dan ketekunan.
  • Mengembangkan pola pikir kreatif dan keterampilan dalam memecahkan masalah yang dapat digunakan dalam situasi kehidupan nyata.
  • Membangun rasa percaya diri. Ketika anak dapat mengenali kelebihannya, itu akan menjadi kekuatan yang menghantar mereka menjadi seorang ahli di bidang tertentu.
  • Meningkatkan sportivitas. Olahraga dan aktivitas fisik lain yang bersifat kompetitif membantu anak mengenali konsep ‘menang dan kalah’ dan bagaimana menyikapinya. 
  • Menjaga kesehatan tubuh. Banyaknya aktivitas gerak tubuh pada anak-anak dengan kecerdasan kinestetik membuat mereka lebih sehat dan tidak mudah sakit. Anak-anak ini juga terlihat lebih kuat dan lebih bergairah dalam menjalani kehidupan.

Setelah Ayah dan Bunda mengetahui manfaat-manfaat tersebut, langkah berikutnya adalah memberikan stimulasi melalui aktivitas belajar yang sesuai dengan tipe kecerdasan ini. Stimulasi dini yang tepat memungkinkan anak untuk mengasah dan mempertajam kecerdasan kinestetik yang dimilikinya, sehingga ia dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya.

[RS]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar