Sukses

Belajar Sambil Bermain Saat Field Trip

Melalui field trip, anak dapat belajar mengenai berbagai hal baru sambil berjalan-jalan. Ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya kelak.

Penelitian terhadap sebuah kelompok pendidikan anak usia dini (PAUD) di Bengkulu memperlihatkan bahwa kecerdasan naturalis anak meningkat hingga 20% melalui kegiatan field trip/kunjungan lapangan. Anak dengan kecerdasan naturalis memiliki ketertarikan yang besar dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Mereka mampu mengenali dan mengelompokkan tumbuhan, hewan, dan objek lain di alam. Anak-anak ini terlihat menyayangi binatang dan tumbuhan –tidak takut atau jijik untuk menyentuh dan memiliki naluri untuk memelihara.

Anak-anak dengan kecerdasan naturalis yang menonjol akan bersemangat bila terlibat dalam eksplorasi di alam terbuka. Mereka suka mengamati fenomena alam serta makhluk hidup dan habitatnya. Field trip dapat mengakomodasi hal ini dengan memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman secara langsung, mendapatkan inspirasi, dan menggali ide-ide baru.

Field trip adalah perjalanan instruksional. Artinya anak harus diberitahu apa tujuan dari pembelajaran ini dan target dari kunjungan ini. Jika tidak, anak akan menganggap acara ini sekadar jalan-jalan biasa. Melalui field trip, anak dapat berinteraksi dengan alam dan makhluk hidup di dalamnya, serta mendapat pengalaman dari berbagai ide dan konsep yang dimengertinya. Ini memicu anak untuk bertanya hal-hal di luar pengertiannya dari apa yang ia temukan. Dengan demikian kreativitas dan pola pikir kritis akan terasah.

Melalui pengamatan terhadap alam dan bagaimana mereka berinteraksi serta bertahan hidup, kemampuan kognisi dan emosi anak akan terasah. Apabila terjalin ikatan emosional antara anak dengan alam dan makhluk hidup di dalamnya, maka perilaku peduli lingkungan pun akan terbentuk.

Gaya pembelajaran yang sesuai dengan tipe kecerdasan anak akan membuat waktu belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Hal ini akan memicu anak untuk selalu mau belajar dan mengeksplorasi hal-hal yang belum diketahuinya. Dengan begitu, anak akan berkembang dengan sendirinya dan potensinya menjadi optimal.

Apabila Anda memiliki anak dengan kecerdasan naturalis, bisa dimulai dengan bertanya tempat apa yang ia sukai untuk melakukan field trip. Jangan kaget apabila anak melontarkan ide-ide yang luar biasa. Selamat mencoba!

[RS/RH]

Baca Juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar