Sukses

Sejuta Manfaat Kentang untuk Bayi

Ternyata, kentang memiliki kandungan gizi yang melimpah di dalamnya. Apa manfaatnya untuk bayi?

Banyak ibu menggunakan kentang sebagai pengganti nasi untuk bayinya. Selain karena mudah didapat, harganya pun relatif murah. Di balik kemudahan memperolehnya ini, ternyata kentang juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Yuk, intip manfaat apa saja yang diberikan kentang untuk bayi!

  • Menjaga pencernaan tetap lancar

Kentang adalah salah satu bahan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Serat dibutuhkan oleh bayi agar pencernaannya tetap lancar dan sehat.

  • Menunjang sistem kekebalan tubuh

Selain serat, kentang juga kaya akan antioksidan, beta-karoten, vitamin C, vitamin B kompleks, besi, dan fosfor. Berbagai jenis vitamin ini sangat diperlukan dalam menjaga kekebalan tubuh bayi, agar tetap kuat memerangi kuman penyebab penyakit. Di samping itu, vitamin B6 yang terkandung pada kentang juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem saraf bayi tetap sehat dan berkembang optimal.

  • Menjadi sumber energi yang sehat

Kentang adalah jenis bahan makanan yang tinggi kalorinya namun rendah kolesterol. Kalori ini diperlukan bayi sebagai sumber energi, sehingga baik untuk aktivitas maupun tumbuh kembangnya.

  • Menjaga tekanan darah tetap stabil

Kentang mengandung mikkronutrien penting yaitu potasium. Potasium berfungsi menjaga tekanan darah bayi tetap stabil, sehingga aliran darah ke organ penting seperti jantung dan otak tetap lancar. Dengan demikian, kerja seluruh organ tubuh bayi akan prima selama proses tumbuh kembangnya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kentang, proses memasaknya memegang peranan yang juga penting. Memasak kentang dengan memanggangnya adalah cara terbaik untuk mempertahankan kandungan gizinya. Selain dipanggang, kentang juga dapat dikukus atau direbus walaupun sebagian sumber menyebut perebusan akan melarutkan berbagai kandungan gizinya. Untuk meminimalkan kehilangan zat gizi, usahakan merebus kentang beserta kulitnya. Tapi ingat, jangan lupa mencuci kentang di bawah air mengalir sebelum mengolahnya menjadi makanan lezat sekaligus bergizi.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar