Sukses

Jangan Minum Ini Kalau Sedang Sakit Kepala

Anda sering mengalami serangan sakit kepala yang ‘membandel’? Kenalilah berbagai minuman yang dapat memperberat sakit kepala Anda.

Sakit kepala merupakan gejala umum dari berbagai penyakit. Langkah awal terapi biasanya dimulai dengan pemberian obat penghilang antinyeri. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis minuman yang dapat memperburuk keluhan sakit kepala? Berikut adalah jenis-jenis minuman tersebut:  

  1. Alkohol

Sebagian orang tidak dapat menoleransi minuman beralkohol. Kadar alkohol yang dapat ditoleransi bervariasi antarindividu. Namun, sebagian orang akan mengeluh pusing setelah minum alkohol. Bahkan, beberapa orang dapat mengalami penurunan kesadaran jika minum alkohol dalam jumlah yang banyak. Keluhan ini dapat dijumpai pada jenis minuman seperti anggur merah.

  1. Kafein

Batasi asupan kafein jika Anda ingin mengurangi keluhan sakit kepala. Konsumsi kafein dianjurkan agar tidak melebihi 200 mg per hari. Jadi batasilah asupan kopi Anda. Minum kopi dalam jumlah yang banyak juga dapat mengganggu pola tidur dan pada akhirnya memperburuk sakit kepala.

  1. Es krim

Tidak ada yang salah dengan kandungan es krim atau makanan dingin lainnya. Namun, minuman dingin seperti es krim dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang. Hal ini disebabkan rangsangan saraf pada atap rongga mulut oleh minuman dingin. Pengecilan dan pelebaran pembuluh darah yang cepat juga dipercaya dapat memicu sakit kepala.

  1. Minuman cokelat

Minuman yang mengandung cokelat hitam juga mengandung kafein yang berpotensi menyebabkan sakit kepala. Jika Anda sedang dalam serangan sakit kepala, ada baiknya menghindari minuman dengan bahan dasar cokelat hitam.

  1. Bahan pewarna makanan

Sakit kepala dapat dipicu oleh zat tambahan makanan, seperti pewarna makanan. Contoh dari zat tambahan makanan adalah nitrites dan monosodium glutamate (MSG). Jadi, hindari makanan dengan kandungan MSG jika Anda sedang sakit kepala.

Sebagai pengganti berbagai minuman di atas, Anda bisa memilih jus buah dan secangkir madu hangat. Lebih sehat dan tak kalah lezat! Jika keluhan sakit kepala Anda memiliki intensitas yang kuat, kami menyarankan Anda berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan langsung yang menyeluruh.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar