Sukses

Saat Sakit Kepala, Kapan Harus ke Dokter?

Sakit kepala merupakan keluhan yang umum dialami orang, dan biasanya hilang dalam beberapa hari. Namun, waspadalah jika Anda sakit kepala disertai dengan berbagai tanda ini.

Sakit kepala merupakan tanda umum dari berbagai jenis penyakit. Sakit kepala dapat terjadi karena infeksi virus hingga pertanda penyakit serius, seperti tumor atau stroke. Karena itu, pengetahuan tentang gejala bahaya sakit kepala perlu Anda ketahui. Apa saja berbagai tanda bahaya yang perlu diperhatikan?

  1. Sakit kepala dengan mual dan muntah

Sakit kepala yang disertai mual dan muntah dapat menjadi tanda dari migrain dan stroke. Migrain adalah nyeri kepala yang tidak mengancam nyawa, namun jika tidak diberikan terapi yang tepat, migrain dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Selain itu, sakit kepala dengan muntah proyektil merupakan tanda peningkatan tekanan di dalam tengkorak dan memerlukan terapi secepatnya.

  1. Penurunan kesadaran

Sakit kepala yang disertai penurunan kesadaran memerlukan terapi yang cepat. Sakit kepala dengan penurunan kesadaran biasanya disebabkan oleh gangguan pembuluh darah otak dan infeksi otak. Berbagai penyakit ini adalah penyakit yang mengancam nyawa, sehingga penanganan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan.

  1. Gangguan saraf

Apabila seseorang mengeluh adanya sakit kepala yang disertai gangguan koordinasi (gangguan koordinasi dalam berbicara, atau bibir bergerak tak teratur), segeralah hubungi rumah sakit terdekat. Berbagai gejala tersebut biasanya berhubungan dengan stroke dan tumor otak. Seseorang dengan stroke memerlukan penanganan secepatnya karena semakin lama penanganan stroke tertunda, semakin besar gangguan saraf yang dapat terjadi.

  1. Sakit kepala setelah trauma kepala

Apabila Anda mengalami kecelakaan pada daerah kepala dan mengeluh nyeri kepala, segera lakukan pemeriksaan kepala yang lengkap. Sakit kepala setelah trauma kepala dapat menjadi pertanda dari pendarahan otak, atau gegar otak yang memerlukan penanganan khusus dari dokter.

  1. Thunderclap headache

Thunderclap headache adalah sakit kepala yang bersifat akut dan terjadi dengan cepat. Sakit kepala jenis ini biasanya berhubungan dengan terjadinya aneurisma (kelainan struktur pembuluh darah otak) dan stroke.

Berbagai tanda di atas memerlukan penanganan khusus yang tepat. Apabila sakit Anda berkepanjangan, pemeriksaan medis yang menyeluruh sangat menentukan keadaan tubuh Anda.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar