Sukses

Yoga, Mengendurkan Otot yang Tegang

Yoga adalah olahraga meditasi yang semakin populer di Indonesia. Begitu banyak manfaat yang diberikan yoga, khususnya bagi otot yang ada di dalam tubuh Anda.

Mungkin Anda menemukan banyak kerabat atau sanak saudara yang mengunggah foto dengan pose-pose menarik –misalnya pose seperti sedang bermeditasi. Pose tersebut bukan sekedar pose biasa, melainkan pose yoga.

Yoga adalah olahraga meditasi yang semakin populer di Indonesia. Olahraga ini memiliki begitu banyak manfaat untuk merelaksasi pikiran orang yang melakukannya.

Ketahuilah, manfaat yoga tidak hanya itu saja. Selain bermanfaat membuat pikiran relaks, yoga pun bermanfaat untuk membuat otot-otot Anda menjadi lebih relaks. Memang, kasus ketegangan otot belakangan ini semakin meningkat. Ini adalah akibat dari penggunaan gadget terlalu sering yang memaksa penggunanya untuk melakukan gerakan statis dan membuat otot-otot penopang tubuh menjadi berlebihan dalam penggunaanya. Akibat hal ini, yoga dianggap sebagai jalan keluar utama.

Sehubungan dengan manfaatnya, beberapa ahli yoga mengklaim bahwa yoga telah digunakan lebih dari 5000 tahun yang lalu. Teknik yang digunakan dalam yoga sangat mendukung untuk memperoleh kelenturan otot. Peregangan dan relaksasi yang didapatkan selama tubuh melakukan pose yoga secara sinergis terjadi dengan pola pernapasan yang dilakukan.

Yoga memiliki beberapa jenis. Beberapa yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar, dan bikram yoga. Meskipun masing-masing jenis yoga memiliki kekhususan tertentu, akan tetapi secara umum manfaatnya kurang lebih adalah sama. Secara garis besar, manfaat yoga dibagi menjadi:

  • Manfaat Fisiologis. Di antaranya:
    • Kelenturan tubuh (tulang dan otot) yang meningkat.
    • Perbaikan postur tubuh
    • Ketahanan dan kekuatan otot meningkat
    • Keseimbangan tubuh meningkat
  • Manfaat Psikologis. Di antaranya:
    • Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi
    • Menurunkan risiko depresi dan kecemasan
    • Meningkatkan daya ingat

Jika Anda pemula dalam olahraga ini, mulailah untuk melakukan latihan di pusat kebugaran yang memiliki instruktur yoga. Namun jika Anda sudah tergolong terbiasa atau bahkan ahli melakukan beberapa gerakan yoga, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dengan berpanduan pada video yoga.

Ingatlah untuk melakukan olahraga yoga dengan secara perlahan dan hati-hati. Hindari terlalu memaksakan diri guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar