Sukses

Nyeri Otot? Coba Makan Ini!

Banyak orang yang mencari alternatif untuk mengobati keluhan nyeri otot yang mereka alami. Padahal, hanya dengan mengonsumsi makanan yang tepat, keluhan nyeri otot dapat hilang.

Nyeri otot merupakan keluhan yang sering terjadi pada sebagian besar orang. Anda salah satunya? Nyeri otot, atau dalam istilah medis dikenal sebagai myalgia, adalah rasa sakit atau nyeri yang muncul pada bagian otot mana pun.

Banyak orang yang mencari alternatif untuk mengobati keluhan nyeri otot yang mereka alami. Padahal, hanya dengan mengonsumsi makanan yang tepat, keluhan nyeri otot dapat hilang. Atau setidaknya mempercepat proses penyembuhan. Beberapa makanan yang dapat Anda jadikan pilihan untuk membantu mengatasi keluhan nyeri otot, yakni:

  • Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein mengandung asam amino yang dapat membantu untuk membentuk otot dan jaringan tubuh yang Anda miliki. Di samping itu, asupan protein yang baik juga dapat bermanfaat memperbaiki kerusakan sel yang menyebabkan nyeri. Harvard School of Public Health merekomendasikan untuk mengonsumsi protein sebanyak 56 gram untuk pria dan 46 gram untuk wanita. Asupan protein yang dapat Anda jadikan pilihan adalah daging ayam, daging sapi, telur dan produk olahannya.

  • Makanan tinggi antioksidan

Stroberi, cranberry dan ceri adalah beberapa buah-buahan yang kaya akan antikosidan. Stroberi dan cranberry dapat membantu melindungi otot-otot skelet Anda. Sedangkan buah ceri yang dijus berguna untuk meningkatkan penyembuhan otot. Ini disebabkan karena ceri, selain memiliki sifat antioksidan yang baik, juga memiliki sifat antiradang. Sebelum mengonsumsi jus ceri, pastikan bahwa jus tersebut tidak memiliki tambahan gula karena kurang baik bagi kesehatan Anda.

  • Makanan tinggi karbohidrat

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, konsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat mengurangi kerusakan sel otot apabila terjadi cedera. Namun demikian, makanan tinggi karbohidrat ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan agar tidak menimbulkan dampak negatif pada kesehatan Anda.

Selain dapat mempercepat proses penyembuhan nyeri otot, beberapa makanan di atas juga dapat membuat Anda lebih nyaman ketika rasa rasa nyeri menyerang. Di samping itu juga mencegah kerusakan otot yang lebih lanjut. Ingatlah, makanan yang sehat akan memberikan manfaat bagi Anda secara keseluruhan, bukan hanya terkait keluhan nyeri otot yang Anda derita.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar