Sukses

Fakta di Balik Demam yang Disertai Nyeri Otot

Tak jarang, sebagian orang merasakan demam yang disertai nyeri otot di saat suatu penyakit menyerang. Sebenarnya, ada apa di balik hal ini?

Di saat kondisi tubuh sedang tidak prima, penyakit dapat dengan mudah menyerang Anda. Meskipun tubuh mempunyai sistem pertahanan, namun apabila fungsinya sedang menurun maka infeksi dapat dengan mudah menyerang Anda. Hal ini ditandai dengan mekanisme pertahanan tubuh berupa demam, dan terkadang disertai keluhan nyeri otot.

Demam dan nyeri otot merupakan kondisi yang sering menyertai pada kasus:

  • Infeksi virus

Infeksi virus akan dapat berlanjut menjadi proses peradangan. Di saat yang sama, suatu rangsangan yang memberitahukan bahwa terdapat masalah dengan tubuh akan timbul. Rangsangan ini akan memberi sinyal pada nosiseptor atau reseptor nyeri, sehingga timbulah nyeri otot. Kelanjutan dari proses tersebut adalah demam. Saat demam atau suhu tubuh meningkat, pembuluh darah akan melebar dan membuat sistem pertahanan tubuh menyebar ke tempat-tempat terjadinya peradangan.

  • Radang otot

Radang otot yang diakibatkan karena cedera akibat adanya robekan atau gangguan sostem lokomotor (sistem gerak) setelah berolahraga bisa disertai dengan demam. Kondisi ini pada awalnya merupakan respon tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Prosesnya mungkin mirip dengan gangguan akibat infeksi. Saat ada jaringan tubuh yang cedera, maka hal tersebut akan mencetuskan sinyal mediator yang memberitahukan bahwa ada yang tidak beres di bagian tubuh tertentu. Hal ini akan menimbulkan efek nyeri, dan pembengkakan. Kemudian, proses tersebut akan dilanjutkan dengan peningkatan suhu tubuh atau demam yang berguna untuk melebarkan kembali pembuluh darah agar sel-sel “penyembuh” yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan yang rusak bisa segera disebarkan dalam jumlah yang banyak.

Meskipun kedua gangguan tersebut memiliki proses serupa, namun pengobatan yang dilakukan tidak serta-merta sama.

Pada infeksi virus, Anda hanya perlu meningkatkan antibodi dengan beristirahat dan mencukupkan diri dengan asupan makanan yang bergizi. Sedangkan pada kasus radang otot atau cedera otot, Anda harus mencari tahu penyebab utamanya guna mengetahui jenis pengobatan yang tepat. Karena itu, jika Anda mengalami demam yang disertai dengan nyeri otot, segeralah membawa diri ke dokter untuk mendapatkan tata laksana yang tepat dan sesuai.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar