Sukses

Benarkah Penuaan Sebabkan Kulit Semakin Kering?

Banyak yang berpendapat bahwa penuaan akan menyebabkan kulit menjadi semakin kering. Bagaimana bisa?

Penuaan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari. Semua orang kelak akan mengalaminya. Tak hanya terjadi pada bagian dalam tubuh saja, tetapi bagian luar juga –termasuk kulit.

Penuaan pada kulit merupakan suatu hal yang menjadi momok utama banyak orang –terutama wanita. Beberapa tanda penuaan yang sering ditemukan adalah; kulit kasar, kusam, menipis, serta menjadi lebih rentan mengalami memar. Di samping itu, ada pula yang menyebutkan bahwa penuaan juga akan menyebabkan kulit menjadi semakin kering. Benarkah?

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering adalah peristiwa natural yang wajar dialami oleh mereka yang mulai menua. Oleh karena itu, mereka yang mengalami hal ini sering merasa kulitnya gatal, meskipun tidak terdapat kelainan apa pun. Kulit pun digaruk, dan pada akhirnya menimbulkan kelainan baru.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan kulit yang menua menjadi lebih kering? Kulit dapat menjadi lembap jika mampu mempertahankan sejumlah kandungan air di dalamnya. Beberapa hal yang menyebabkan kulit sulit menampung dan mempertahankan kelembapan adalah kulit yang menipis, melambatnya siklus daur ulang kulit, dan berkurangnya kapasitas kulit untuk menahan air. Selain itu, produksi serat kolagen dan elastin pada kulit yang menua sudah tidak sebanyak kulit yang masih dalam keadaan prima. Akibatnya, asam hyaluronat yang berfungsi menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit pun ikut menurun kadarnya.

Selain dengan menampung air, kulit memiliki mekanisme tersendiri untuk mempertahankan kelembapannya –yakni dengan memproduksi minyak alami. Namun seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar minyak di kulit pun mulai memasuki masa ‘pensiun’ dan tidak mampu lagi menghasilkan minyak sebanyak dahulu. Padahal, minyak tersebut dibutuhkan sebagai ‘pagar’ pertahanan untuk mencegah kandungan air dalam kulit menguap.

Beberapa jenis obat-obatan –seperti; diuretik, obat jantung, dan obat tiroid– juga dapat menyebabkan kulit kering. Kebiasaan mandi yang salah –seperti mandi menggunakan air panas, terlalu sering menggunakan scrub untuk membersihkan kulit, serta menggunakan produk pembersih berbahan dasar alkohol– juga dapat membuat kulit semakin kering.

Cara Mencegah Kulit Kering

Untuk mencegah agar kulit tidak bertambah kering, hindari mandi menggunakan air panas dan sabun bersifat ‘keras’. Sebaliknya, mandilah dengan air dingin-hangat dan gunakan sabun lembut yang mengandung pelembap. Batasi penggunaan scrub paling tidak satu kali seminggu.

Untuk mencuci wajah, gunakan sabun lembut yang mengandung pelembap. Anda pun dapat menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak. Hindari penggunaan produk yang berbahan dasar alkohol. Setelah mandi dan mencuci wajah, selalu oleskan pelembap di sekujur wajah dan tubuh Anda guna mencegah tejradinya kulit kering.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar