Sukses

Kulit Putih Belum Tentu Sehat!

Banyak orang menganggap bahwa kulit putih itu bersih dan cantik. Namun tahukah Anda bahwa kulit yang putih itu belum tentu sehat?

Hampir setiap wanita Indonesia mendambakan kulit yang putih mulus. Sebagian besar orang bahkan mengidentikkan kulit putih dengan kecantikan dan kesehatan. Jadi tak heran jika para wanita berlomba-lomba ingin mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang lebih putih.

Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan kulit yang lebih putih. Mulai dari menggunakan bermacam-macam krim, menghindari sinar matahari, mengonsumsi obat, hingga melakukan suntik putih.

Kulit Putih Berarti Sehat?

Kulit putih belum tentu sehat. Terdapat perbedaan tipis antara kulit putih dan pucat. Orang yang memiliki kulit pucat mungkin terkena anemia, atau biasa disebut kurang darah.

Sel darah merah diperlukan tubuh membawa oksigen untuk diproses menjadi energi tubuh. Apabila karena satu dan lain hal jumlah sel darah merah kurang, orang akan mengalami anemia. Mereka yang mengalami anemia umumnya memiliki kulit dan selaput mata yang pucat, mudah lemas dan lelah, sering mengalami pusing dan sakit kepala, serta rentan pingsan.

Selain itu, kulit putih pun lebih rentan terbakar dan mengalami kerusakan akibat sinar matahari lebih parah dibandingkan dengan kulit gelap. Sinar ultraviolet dari matahari diketahui dapat menyebabkan kerutan, flek, hingga kanker kulit.

Kulit mengandung pigmen melanin yang berfungsi memberikan warna pada kulit. Kulit putih mengandung lebih sedikit pigmen melanin daripada kulit gelap. Meskipun memberikan warna yang dianggap kurang bersih pada kulit, fungsi melanin tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya, melanin berperan sebagai tameng kulit terhadap buruknya efek sinar matahari. Oleh karena itu, semakin banyak melanin yang terkandung dalam kulit, maka semakin baik perlindungan yang dimiliki oleh kulit. Karenanya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang kulit putih lebih cepat mengalami keriput, dan lebih rentan terkena kanker kulit dibandingkan dengan mereka yang berkulit lebih gelap.

Maka dari itu, bersyukurlah dengan warna kulit Anda. Meskipun berkulit gelap, bukan berarti Anda tidak dapat tampil sehat dan cantik. Selebriti berkulit gelap –seperti Jennifer Lopez dan Beyonce– selalu dapat tampil menawan dengan kulit sawo matang yang dimilikinya.

Bagaimana Memiliki Kulit Sehat nan Cantik?

Anda dapat memaksimalkan tampilan kulit Anda dengan memberi perawatan yang tepat. Mandilah dengan air dingin atau hangat, dan jangan lupa untuk menggunakan sabun lembut yang mengandung pelembap. Bersihkan juga wajah Anda dengan sabun berpelembap atau pembersih berbahan dasar minyak.

Selalu gunakan tabir surya pada pagi dan siang hari. Jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap bagi kulit wajah dan tubuh. Terakhir, lakukan pengelupasan (eksfoliasi) seminggu sekali untuk membuang sel-sel kulit mati. Dengan ini, kulit Anda pun akan terlihat sehat, cantik, dan berkilau!

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar