Sukses

Hindari GERD dengan Mengubah Kebiasaan Makan

Mengubah perilaku makan adalah salah satu cara praktis untuk membantu mengatasi GERD. Bagaimana caranya? Berikut selengkapnya.

Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau yang umum dikenal sebagai ‘penyakit asam lambung’ bisa dialami oleh siapa pun dan kapan pun. Perlu diketahui, GERD adalah naiknya asam lambung ke esofagus, yang menyebabkan rasa terbakar di dada. Penyakit ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah makanan. Jika menderita GERD, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengubah perilaku makan.

Berikut beberapa tip mengubah perilaku makan untuk membantu mengatasi GERD:

  •  Makan sedikit, namun sering

Ganti pola makan tiga kali sehari dengan frekuensi makan yang lebih sering, namun dengan porsi yang lebih kecil. Porsi makan yang besar dapat membuat otot esofagus kewalahan sehingga menyebabkan terjadinya refluks.

  • Camilan sebelum tidur

Konsumsi camilan yang mengandung tepung/pati 1 jam sebelum tidur, tanpa minum. Camilan ini bisa berupa biskuit, kentang panggang, atau roti. Tepung/pati dapat membantu menyerap asam lambung dan mencegah terjadinya refluks saat Anda tidur.

  • Minum di antara makan, bukan bersama makanan

Cara minum ini dapat mencegah terjadinya kembung –yang sering memicu terjadinya refluks asam lambung karena lambung terlalu banyak terisi air.

  •  Kurangi makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak –seperti; gorengan– dicerna dalam waktu yang lebih lama dengan asam lambung yang lebih banyak. Ini dapat menyebabkan melambatnya pengosongan lambung dan relaksasi otot esofagus, meningkatkan produksi asam lambung, menyebabkan kembung, sehingga terjadi refluks asam lambung.

  •  Hindari makanan yang memicu GERD

Seperti alergi, GERD dapat dipicu oleh makanan yang berbeda-beda pada tiap penderita. Jika Anda adalah penderita GERD, identifikasi makanan apa saja yang menyebabkan penyakit asam lambung kambuh. Kemudian, hindari konsumsi makanan tersebut.

Demikian beberapa tip mengubah perilaku makan agar tidak mengalami GERD di kemudian hari. Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba!

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar