Sukses

Mengenal Gejala Asam Lambung Naik

Pernah merasakan sensasi terbakar di ulu hati? Atau rasa asam dan pahit di mulut tanpa sebab yang jelas?

Pernah merasakan nyeri seperti terbakar di ulu hati? Atau rasa asam dan pahit di mulut tanpa sebab yang jelas? Mungkin Anda menderita GERD (Gastro-esophageal Reflux Disease) atau penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung (GERD) adalah gangguan produksi asam lambung dan kekuatan otot esofagus. Gangguan ini menyebabkan asam lambung naik dari lambung menuju esofagus hingga ke pangkal mulut dan menyebabkan rasa terbakar di ulu hati, serta rasa asam dan pahit di mulut.

Pada umumnya, penderita penyakit asam lambung akan mengeluhkan mual muntah serta nyeri seperti terbakar pada ulu hati. Nyeri ulu hati pada penderita asam lambung dapat berlangsung hingga 2 jam. Rasa nyeri biasanya akan memburuk saat makan makanan. Rasa nyeri dapat membaik dengan memosisikan tubuh dengan berdiri dan meminum obat golongan antasida.

Suara serak serta batuk yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama biasanya menjadi pertanda adanya asam lambung yang kronis. Suara yang serak ini diakibatkan oleh iritasi pada pita suara dan tenggorokan karena paparan asam lambung. Selain itu, rasa asam pahit di mulut juga umum ditemukan. Kadang bisa dirasakan muncul bersama dengan sisa makanan yang ikut naik dengan asam lambung. Walaupun jarang, pada kasus yang lebih parah sesak napas pun dapat terjadi.

Jika mengalami beberapa gejala penyakit asam lambung seperti di atas, sebaiknya segera bawa diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai sedini mungkin.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar