Sukses

Bolehkah Penderita Tukak Lambung Minum Susu?

Banyak yang berpendapat bahwa penderita tukak lambung akan mengalami gejala membaik setelah minum susu. Benarkah?

Banyak yang berpendapat bahwa penderita tukak lambung akan mengalami gejala membaik setelah minum susu. Tukak lambung atau peptic ulcer adalah luka pada dinding lambung akibat iritasi/radang. Salah satu hal yang dapat mengakibatkan terjadinya tukak lambung adalah infeksi Helicobacter pylori.

Infeksi terjadi karena adanya gangguan kondisi dinding lambung yang dapat dipicu oleh penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu. Beberapa faktor lain –seperti; merokok dan konsumsi alkohol juga turut memicu. Penderita tukak lambung akan mengalami gejala gangguan asam lambung –seperti; kembung, mual, muntah, hingga BAB hitam karena perdarahan pada kasus tukak lambung kronis.

Lalu, bagaimana konsumsi susu dapat memperbaiki gejala tukak lambung? Susu dipercaya dapat membantu mengatasi tukak lambung karena sifatnya yang alkali –dapat menetralisir asam lambung. Umumnya, penderita tukak lambung yang meminum susu akan merasakan gejala mereda di awal. Namun beberapa saat kemudian, rasa nyeri dan tidak nyaman akan timbul dan memperburuk keadaan lambung. Ini disebabkan karena susu memicu lambung memproduksi lebih banyak asam untuk dapat mencerna susu dengan sempurna. Dengan kata lain, penderita tukak lambung yang mengonsumsi susu justru akan memperburuk kondisi luka di dinding lambung.

Bagi Anda penderita tukak lambung atau mengalami gejala gangguan asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi susu. Periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan tukak lambung dengan cara yang benar guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar