Sukses

Siapa Bilang Susu Bikin Gemuk?

Minum susu merupakan kebiasaan yang bagus dan menyehatkan. Sayangnya, sebagian orang menganggap susu sebagai biang keladi penyebab berat badan meningkat.

Masalah berat badan memang menjadi suatu dilema bagi sebagian orang. Menurunkan berat badan pun membutuhkan perjuangan yang tak mudah. Berbagai cara dijalani demi mendapat tubuh ideal. Berbagai macam pola diet juga dilakukan. Dan, susu merupakan salah satu minuman yang dihindari karena dianggap sebagai perusak diet.

Kalori di balik susu

Susu dapat diolah menjadi minuman lezat dan dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Baik di-blender dengan buah menjadi milkshake atau diminum begitu saja, semua sama lezatnya.

Sama seperti minuman atau makanan lain yang Anda konsumsi, susu juga mengandung kalori. Segelas susu (200 ml) full cream mengandung 150 kalori. Sedangkan, segelas susu (200 ml) rendah lemak mengandung 80 kalori. Namun, kandungan kalori ini bervariasi setiap merek.

Sudah umum diketahui, bahwa mengonsumsi terlalu banyak kalori secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Meski demikian, minum segelas susu setiap hari tidak akan serta-merta meningkatkan berat badan Anda. Yang terpenting adalah keseimbangan pemasukan dan pengeluaran kalori.

Perhatikan porsi minuman dan makanan Anda

Lagi-lagi, porsi dan jumlah memegang peranan yang penting. Jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari bergantung dari usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas. Misalnya, dalam satu hari Anda membutuhkan 2.000 kalori. Jika konsumsi susu Anda setiap hari termasuk di dalam kebutuhan harian 2.000 kalori, maka berat badan Anda tidak akan bertambah.

Terlebih lagi, susu kaya akan vitamin A, vitamin D, kalsium, dan protein, sehingga membuat susu menjadi minuman yang bergizi, berenergi, dan membuat kenyang lebih lama. Hal ini tentu bagus, karena dapat membantu menahan keinginan untuk ngemil.

Bahkan, Anda bisa mengonsumsi susu sebagai pengganti makan pagi, untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat. Pilihlah susu yang tinggi protein dan tinggi serat untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jangan lupa,  pastikan susu yang Anda konsumsi rendah lemak dan memiliki kalori terkontrol (200 kalori per saji).

Jadi, minum susu tak akan membuat timbangan Anda melonjak, asalkan disesuaikan porsinya. 

(RS)

0 Komentar

Belum ada komentar