Sukses

Benarkah Minyak Krill Dapat Turunkan Berat Badan?

Selain bermanfaat bagi kesehatan, minyak krill juga dikatakan dapat menurunkan berat badan. Apa itu minyak krill dan benarkah dapat berkhasiat menurunkan berat badan?

Minyak krill adalah bahan alami yang sering menjadi perbincangan orang banyak belakangan ini. Selain bermanfaat bagi kesehatan, minyak krill juga dikatakan dapat menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya apa itu minyak krill dan benarkah dapat berkhasiat menurunkan berat badan?

Minyak krill merupakan minyak yang diambil dari binatang Krill (Euphasia superba) –mirip dengan udang. Minyak krill memiliki kandungan yang hampir mirip dengan minyak yang ikan.

Beberapa kandungan dari minyak krill adalah:

  • Omega-3, EPA dan DHA, serta omega-6. Berbeda dengan minyak ikan, omega-3 pada minyak krill diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh dalam bentuk fosfolipid.
  • Phospholipid-derived fatty acid (PLFA).
  • Antioksidan yang dinamakan astaxanthin. Antioksidan jenis ini bisa menghambat oksidasi dan menetralkan efek dari radikal bebas.
  • Vitamin A, B,D,E dan K.

Minyak krill terbukti bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit –seperti; menurunkan kadar kolestrol, menjaga kesehatan jantung, mengurangi gejala menstruasi, dan mengurangi resiko kanker. Selain itu, minyak krill pun disebutkan memiliki fungsi menurunkan berat badan. Benarkah?

Sebenarnya, bagaimana minyak krill bisa menurunkan berat badan belum dapat dipastikan dengan penelitian. Namun ada teori yang menyebutkan bahwa minyak krill bisa memengaruhi sistem kimia di otak yang mengatur rasa lapar, nyeri, perasaan dan ingatan.

Minyak krill juga disebut dapat menurunkan lemak di hati, dimana hal ini dikaitkan dengan diabetes. Asam lemak omega-3 yang tinggi di dalam minyak krill bila dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga, berkhasiat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida. Penurunan tersebut dikaitkan dengan penyakit jantung koroner dan diabetes. Selain itu, kurangnya kadar omega-3 di dalam diet juga dikaitkan dengan bertambahnya berat badan serta obesitas.

Walaupun belum ada penelitian pasti mengenai hal ini, kadar antioksidan dan omega-3 yang tinggi di dalam minyak krill dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar