Sukses

Olahraga Praktis untuk Jaga Kesehatan Jantung

Salah satu yang penyebab serangan penyakit jantung koroner dan stroke adalah kurangnya olahraga. Agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga, lakukan olahraga praktis ini.

Jantung koroner dan stroke adalah dua penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Di Indonesia pun penyakit-penyakit tersebut masuk ke dalam 10 besar penyakit tersering di Indonesia.

Faktor Risiko

Bagaimana dengan kegemukan? Kegemukan –atau bahkan obesitas– adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner dan stroke yang sekarang menjadi masalah utama di dunia, termasuk Indonesia. Kegemukan juga berkaitan dengan adanya kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan gangguan metabolisme gula dalam tubuh (diabetes mellitus).

Salah satu yang menyebabkan hal ini adalah kurangnya olahraga. Banyaknya kemudahan hasil dari kemajuan teknologi dan kesibukan menjadi hal yang sering dijadikan alasan. Padahal, olahraga adalah cara alami dan murah –di samping diet sehat– untuk membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Lakukan Ini!

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan oleh American Heart Association untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke, yakni:

  1. Berjalan kaki
  2. Jogging atau berlari
  3. Sepeda statis
  4. Berenang
  5. Olahraga kekuatan otot dan peregangan

Berolahragalah setiap hari dalam seminggu. Jika tidak bisa, lakukan olahraga intensitas sedang sebanyak 5 kali seminggu selama 30 menit. Alternatif lain adalah olahraga intensitas sedang selama 30 menit sampai 1 jam sebanyak 3 kali seminggu.

Bila Anda sangat sulit menyediakan waktu berolahraga di rumah, lakukan di tempat kerja. Berlatihlah selama 10-15 menit sebanyak 2-3 tiga kali setiap hari. Sebagai tambahan, latihan kekuatan otot dan peregangan juga dapat Anda lakukan sebanyak 2 kali seminggu.

Beberapa kiat bagi Anda yang ingin mulai olahraga rutin, di antaranya:

  • Tetap aktif bergerak

Cobalah untuk selalu aktif sekalipun saat jam kerja. Nikmatilah kesehatan saat Anda mampu aktif secara fisik, sehingga akan termotivasi untuk terus mempertahankannya.

  • Mulailah sekarang, lakukan semampu Anda

Jika target olahraga seperti yang telah direkomendasikan belum dapat Anda lakukan, mulailah dengan target yang ringan lalu tingkatkan. Berjalan kaki adalah pilihan yang tepat, ringan, dan menyenangkan.

  • Kreatif dan nikmatilah

Buatlah saat olahraga menyenangkan, lakukan rutin bersama teman-teman, atau keluarga.

Jadi, Anda siap beraksi? Mulailah dari sekarang sebelum Anda menyesalinya.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar