Sukses

Kiat Turunkan Kolesterol Tanpa Obat

Tahukah Anda bahwa kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat diturunkan tanpa bantuan obat-obatan? Simak kiat lengkapnya di sini.

Kolesterol dan penyakit jantung/stroke adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Karenanya, American Heart Association merekomendasikan mereka yang berusia 20 tahun dan sehat untuk memeriksakan kadar kolesterol serta faktor risiko penyakit jantung/stroke lainnya setiap 4 atau 6 tahun sekali. Sehubungan dengan itu, banyak masalah yang timbul terkait cara menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Benarkah kolesterol dapat diturunkan tanpa bantuan obat-obatan?

Pada kasus tertentu –misalnya pernah terkena stroke atau terdiagnosis memiliki penyakit jantung koroner, pernah menjalani pemasangan ring jantung atau operasi bypass koroner– biasanya penderita kolesterol tinggi akan disarankan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol oleh dokter.

Nah, jika ingin menurunkan kolesterol tanpa bantuan obat-obatan, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:

  • Olahraga teratur. Ini membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Capai berat badan ideal dengan olahraga aerobik intensitas sedang-tinggi selama 40 menit sebanyak 3-4 kali seminggu.
  • Konsumsi banyak sayuran, dan buah agar kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida tetap dalam kadar optimal.
  • Konsumsi ikan laut –seperti tuna dan salmon– dua kali seminggu. Tuna dan salmon mengandung omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  • Hindari makanan yang digoreng dan daging berlemak.
  • Tambahkan olive oil dan bawang putih dalam menu Anda sebagai penyedap.

Langkah di atas dapat juga diterapkan jika Anda sudah minum obat namun kadar kolesterol tetap sulit dikendalikan. Dengan kata lain, langkah di atas dapat membantu Anda mencapai kadar kolesterol optimal tanpa perlu menambah dosis obat kolesterol lebih tinggi. Ingat, lebih baik mencegah kolesterol tinggi daripada terpaksa harus terus-menerus minum obat penurun kolesterol.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar