Kulit

Sabun Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

dr. Nadia Octavia, 25 Agt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Memilih sabun untuk kulit berjerawat tidak boleh sembarangan. Simak kiatnya berikut ini.

Sabun Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Sabun wajah sering dianggap sebagai hal yang sepele. Bahkan sebagian orang menggunakan sabun yang seharusnya digunakan di badan untuk wajah. Padahal memilih sabun wajah tidak boleh sembarangan. Sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit –khususnya jika Anda sedang berjerawat.

Mengapa kulit berjerawat membutuhkan sabun wajah khusus?

Menggunakan sabun wajah yang sesuai untuk kulit berjerawat dapat membantu menyingkirkan bakteri penyumbat kelenjar minyak di kulit –penyebab jerawat. Pemilihan sabun yang tepat diikuti dengan pembersihan wajah yang baik akan mengikis lapisan sel kulit mati. Ini membuat obat jerawat yang dioleskan dapat terserap dengan lebih baik.

Penggunaan sabun dengan tekstur yang kasar dapat mengikis lapisan alami kulit. Kulit yang digosok dengan sabun berjenis kasar juga dapat membuat kulit menjadi kemerahan, iritasi serta membuat jerawat semakin gawat.

Berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda gunakan dalam memilih sabun wajah:

  • Tidak abrasif, lembut, dan bebas alcohol.
  • Jika Anda sedang dalam perawatan, tanyakan pada dokter jenis sabun wajah yang sesuai.
  • Pilihlah sabun wajah dengan kandungan asam salisilat, sodium sulfacetamide atau benzoyl peroksida yang dapat membantu mengurangi jerawat.
  • Untuk menjaga kelembapan kulit, pilihlah sabun wajah yang mengandung emolien –seperti petrolatum, lanolin, mineral dan ceramide– atau humektan –seperti; gliserin.

Selain memilih sabun wajah yang tepat, lakukan juga beberapa hal berikut ini:

  • Setelah mencuci muka, gunakan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH alami kulit.
  • Lakukan eksfoliasi reguler untuk menyingkirkan sel kulit mati.
  • Gunakan pelembap berlabel non-komedogenik agar tidak terjadi sumbatan pada pori-pori. Pelembap dapat mencegah kulit Anda dari dehidrasi.

Jika keluhan masih belum teratasi juga, segera kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cantik SehatSabun WajahJerawat

Konsultasi Dokter Terkait