HomeInfo SehatTulangAgar Patah Tulang Cepat Sembuh
Tulang

Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

dr. Dyan Mega Inderawati, 24 Agu 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Patah tulang dapat sembuh dengan hasil (nyaris) sempurna –dengan catatan jika mendapat penanganan yang tepat.

Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

Patah tulang merupakan suatu kondisi yang dapat dialami semua orang. Penyebabnya pun beragam; kecelakaan, keganasan atau bahkan pengeroposan tulang karena faktor usia.

Sebagian besar kasus patah tulang akan sembuh nyaris sempurna dengan penanganan yang baik dan benar. Namun pada 10% kasus, penyembuhan patah tulang ini tidak dapat berjalan dengan baik. Akibatnya, bentuk tulang tidak dapat kembali seperti sedia kala. Jika sudah demikian, fungsi tulang tersebut akan terganggu dan memengaruhi performa sehari-hari.

Penyembuhan Patah Tulang

Pada prinsipnya pengobatan patah tulang dipengaruhi oleh dua hal, pengobatan yang diberikan dan respon tubuh. Jadi meskipun jenis patah tulang dan pengobatan yang diberikan sama, tidak semua orang memiliki proses dan hasil yang sama juga. Di masa awal, tulang memerlukan reposisi –penyesuaian kedudukan agar kembali pada satu garis lurus– mengingat kelurusan tulang berperan penting dalam mengembalikan tulang tersebut.  Proses reposisi dapat dilakukan dengan berbagai metode –bergantung pada bentuk patahan. Misalnya dengan fiksasi eksternal ataupun pemasangan pin di dalam tulang.

Setelah dikembalikan ke satu garis lurus, tulang yang patah memerlukan stabilisasi agar selama proses penyembuhan tulang tetap pada garis lurusnya. Di sinilah individu yang bersangkutan memiliki berperan besar untuk proses penyembuhan. Sebab keoptimalan penyembuhan tulang amat bergantung ditentukan pada tahap ini.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dengan hasil yang optimal. Berikut beberapa di antaranya:

  • Batasi pergerakan di area patah tulang

Seperti yang telah dijelaskan, stabilisasi diperlukan saat tulang sedang memproduksi sel-sel ketika proses penyembuhannya agar kelurusan tulang tetap terjaga. Untuk itu batasi pergerakan agar stabilisasi dapat terjaga.

  • Tingkatkan asupan makanan bergizi

Penyembuhan patah tulang amat dipengaruhi oleh kualitas makanan individu yang bersangkutan. Untuk optimalnya penyembuhan patah tulang, tingkatkan makanan yang banyak mengandung protein, kalsium, zink, dan antioksidan.

  • Hindari minum kopi, teh, dan soda

Ketiga jenis minuman ini dapat menghambat penyerapan kalsium dan menyebabkan tidak optimalnya proses penyembuhan patah tulang.

(NB/RH)

Hidup AktifPatah Tulang

Konsultasi Dokter Terkait