Sukses

Nyeri dan Ngilu di Siku? Waspada Penyakit Ini

Apakah Anda pernah mengalami ngilu ataupun nyeri di siku tangan? Waspada, bisa jadi hal ini yang jadi penyebabnya.

Rasa nyeri atau ngilu di siku tangan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Sebagian jenis nyeri siku dapat membaik dengan sendirinya asalkan beristirahat dan mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun beberapa lainnya memerlukan penanganan lebih serius.

  1. Tennis Elbow (Siku Petenis)

Tennis Elbow terjadi akibat penggunaan siku secara berlebihan. Keluhan ini sering terjadi pada sendi sisi luar siku. Nyeri dan ngilu pada siku biasanya muncul pada malam hari. Sebagian besar penderita tennis elbow akan sembuh dengan terapi nonoperatif. Pemberian es/gel pendingin pada siku, pengistirahatan siku, modifikasi aktivitas, dan obat-obatan pereda nyeri dapat membantu meredakan nyeri.

  1. Golfer’s Elbow (Siku Pemain Golf)

Pada kasus ini, nyeri siku yang dirasakan terletak di sisi dalam siku. Golfer’s elbow tidak menyebabkan gangguan pergerakan, karena sendi sisi dalam siku tidak mengalami masalah. Sama seperti tennis elbow, pemberian es/gel pendingin pada siku, pengistirahatan siku, dan obat-obatan pereda nyeri umumnya dapat membantu meredakan peradangan. Apabila peradangan cukup berat, maka dokter dapat memberikan suntikan steroid untuk membantu penyembuhan atau bahkan tindakan operatif.

  1. Olecranon Bursitis

Pada olecranon bursitis, yang mengalami peradangan adalah bursae pada siku. Bursae merupakan lapisan tipis pada siku, berisi cairan pelumas yang menjaga pergerakan siku tetap lancar. Penyebabnya beragam, misalnya: trauma, infeksi, atau kondisi medis tertentu. Tindakan nonoperatif, seperti pemasangan pelindung siku, modifikasi aktivitas, dan obat-obatan antiradang diperlukan untuk mengatasinya. Bila penyebabnya adalah infeksi, dokter biasanya akan memberikan antibiotik sebagai terapi utamanya.

  1. Patah Siku

Trauma pada siku dapat menyebabkan tulang-tulang pendukung siku patah. Untuk mengatasinya, diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang berupa foto rontgen. Pada kondisi ini, mungkin diperlukan suatu tindakan operasi.

  1. Siku Terkilir

Siku dapat terkilir karena suatu aktivitas tertentu yang menyebabkan peregangan atau sobeknya ligamen pada sendi. Kompres es, pengistirahatan sendi dan obat-obatan antinyeri dapat digunakan sebagai tata laksananya.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar