Sukses

Benarkah Bintitan Terjadi Akibat Tidak Cuci Tangan?

Banyak yang berpendapat bahwa kebersihan tangan adalah penyebab terjadinya bintitan. Benarkah?

Kebersihan tangan selalu berhubungan dengan kesehatan. Tak heran banyak yang berpendapat bahwa kurang terjaganya kebersihan tangan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah bintitan. Benarkah?

Bintitan adalah suatu kondisi terbentuknya benjolan di sekitar mata –biasanya pada kelopak mata atas. Penyakit yang dalam bahasa medis disebut hordeolum ini terjadi akibat peradangan atau infeksi kelenjar penghasil minyak yang terdapat pada pinggiran kelopak mata. Kedua kelenjar ini disebut kelenjar zeis dan kelenjar meibom.

Sering kali, bintitan terjadi akibat infeksi bakteri Stafilokokus aureus. Penanganan bintitan yang tidak dilakukan dengan tepat dapat memicu timbulnya kantung nanah dan bertambahnya rasa nyeri.

Kurang terjaganya kebersihan tangan memang dapat menyebabkan bintitan. Sebab bisa jadi kuman penyebab bintitan ada di tangan yang tidak terjaga kebersihannya.  Jika orang tersebut menyentuh area mata (misalnya; mengucek mata), maka bukan tidak mungkin bintitan terjadi. Kemungkinan terjadi bintitan akan semakin besar bila area mata tidak segera dibersihkan setelah dikucek, daya tahan tubuh sedang lemah, dan kuman penyebab bintitan menempel dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa kebiasaan tidak mencuci tangan dapat menyebabkan risiko lebih tinggi pada terjadinya bintitan. Bagaimanapun juga, sebagian orang sering kali tidak sadar saat menyentuh area mata. Bahkan sering menyentuh bintitan dengan tangan yang tidak bersih juga dapat memperburuk peradangan dan infeksi yang terjadi, serta memperlambat proses penyembuhan bintitan.

Jadi, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menghindar dari berbagai penyakit. Begitu pula saat bintitan sudah terlanjur hadir, kebersihan tangan adalah hal penting yang harus diperhatikan.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar