Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitIni Cara Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini pada Kulit
Kulit

Ini Cara Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini pada Kulit

dr. Melyawati Hermawan Sp.KK, 21 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Munculnya tanda penuaan dini pada kulit bisa dicegah dengan cara rutin pakai sunscreen, gunakan pelembap setiap hari, tidur yang cukup, rajin olahraga, hingga cuci muka secara teratur.

Ini Cara Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini pada Kulit

Seiring dengan bertambahnya usia, tanda penuaan dini seperti garis kerutan pada wajah, kulit terlihat lebih kendur, muncul flek hitam hingga kulit terasa lebih kering akan terus terjadi. Hal ini dikenal sebagai penuaan intrinsik, yakni proses penuaan internal atau fisiologis yang tidak dapat kita hindari.

Namun, terdapat beberapa faktor ekstrinsik yang bisa kita lakukan supaya proses penuaan berjalan lebih lambat. Beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk membantu memperlambat munculnya tanda penuaan pada kulit antara lain adalah:

1. Membersihkan Kulit Wajah Secara Teratur

Biasakan untuk menggunakan produk pembersih/sabun yang lembut dan memiliki kandungan pelembap, serta tidak mengandung detergen. Produk jenis ini ditandai dengan tidak banyak busa yang dihasilkan.

Selain itu, hindari pula untuk menggosok kulit terlalu kuat. Kandungan detergen dan gosokan pada kulit yang terlalu kuat dapat memicu terjadinya iritasi, yang lambat laun akan mempercepat penuaan.

2. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari dengan Rajin Pakai Sunscreen

Sinar matahari akan membuat kulit lebih cepat menua, hal ini telah banyak dibuktikan secara ilmiah. Istilah photoaging banyak dikemukakan untuk menggambarkan bagaimana sinar matahari dapat menyebabkan penuaan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya hindari sinar matahari terutama antara pukul 10 hingga jam 2 siang. Topi lebar dan pakaian dengan lengan panjang ataupun celana panjang dapat membantu membatasi paparan sinar matahari langsung ke permukaan kulit.

Tidak ada salahnya untuk menggunakan kaca mata gelap untuk mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata akibat terlalu sering memicingkan mata. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan tabir surya secara rutin, setiap pagi dan siang hari, untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Gunakan Pelembap Setiap Hari

Dengan pertambahan usia, produksi kelenjar juga berkurang. Sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya, menyebabkan kulit mudah kering. Kulit yang kering akan mempermudah munculnya garis-garis halus dan keriput.

Karenanya, jaga kelembapan kulit kamu dengan rajin menggunakan pelembap. Pelembap sangat baik bila digunakan sesering mungkin (tergantung kondisi kulit). Namun yang pasti, wajib untuk menggunakan pelembap segera setelah mandi untuk menguci air yang kita dapat saat mandi.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap untuk bibir juga, ya! Karena, tentu saja bibir juga tidak luput dari proses penuaan.

4. Hindari Merokok

Asap rokok menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kasar. Selain itu, kontraksi otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis keriput di wajah, terutama area bibir. Jadi, hentikanlah kebiasaan merokok agar tanda penuaan pada wajah bisa dicegah.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Kandungan gizi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari turut membantu menjaga kulit agar senantiasa sehat. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayuran hijau tinggi antioksidan, buah-buahan, hingga makanan rendah garam agar kulit tetap sehat dan tampak kencang.

6. Tidur yang Cukup

Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk menyegarkan dan memperbaharui dirinya. Jadi, berikan waktu bagi tubuh untuk bekerja optimal dengan tidur yang cukup.

7. Rajin Olahraga

Berbagai studi mengungkapkan bahwa manfaat olahraga secara teratur dan tidak berlebihan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan tubuh. Tentu saja, hal ini akan berdampak pada kulit yang sehat bercahaya dan terlihat lebih muda.

Ternyata, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan. Ingatlah, perubahan ini bisa dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk menunda penuaan.

Jika kamu ingin berkonsultasi pada dokter terkait masalah kesehatan kulit, chat dokter spesialis kulit di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa pesan layanan kecantikan online dengan mudah dan cepat. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

Penuaan DiniPerawatan Kulit

Konsultasi Dokter Terkait