Sukses

Manfaat Masak bersama Anak

Memasak dapat lebih menyenangkan jika dilakukan bersama anak. Bahkan manfaatnya pun ternyata banyak!

Bagi Anda yang gemar memasak, cobalah libatkan anak dalam hobi tersebut. Kami tahu, tak sedikit orangtua yang melarang anak untuk masuk ke area dapur. Kebanyakan takut akan bahaya seperti terkena percikan minyak atau benda-benda tajam yang merupakan perkakas dapur. Tapi tahukah Anda bahwa di balik kekhawatiran tersebut, banyak sekali hal menyenangkan yang bisa didapat dari memasak bersama anak?

Tidak perlu memasak makanan yang rumit. Anda dan anak dapat mencoba membuat kue kering dengan berbagai bentuk, memintanya memilih sayur, dan sebagainya.  

Berikut ini beberapa manfaat memasak bersama untuk anak Anda:

  • Mengajarkan tanggung jawab

Saat memasak bersama anak, tentu Anda akan memberikan tugas kepadanya –seperti memilih bahan-bahan untuk memasak atau mencucinya. Dengan demikian, anak akan belajar bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

  • Melatih kemampuan motorik

Menggunakan perkakas dapur dapat melatih kemampuan motorik serta korelasi otak dan tangan anak. Semua indranya pun akan bekerja saat memasak. Tapi pastikan alat-alat yang digunakan anak aman dan tidak berbahaya.

  • Mengarahkan kreativitas anak

Memasak menjadi kesempatan bagi anak untuk bereksperimen dengan kombinasi rasa, warna, serta tekstur. Hal ini tentu akan merangsang kreativitasnya.

  • Mempererat hubungan orangtua dan anak

Memasak bersama anak memberikan kesempatan bagi Anda untuk berbincang dengannya. Komunisasi merupakan elemen kunci dalam membesarkan anak yang sehat secara fisik maupun mental. Anak pun akan belajar untuk menyisihkan waktunya bersama keluarga di tengah aktivitas sehari-hari.

  • Membiasakan pola makan sehat

Melibatkan anak dalam persiapan makan bisa menjadi cara untuk mengajarkannya tentang makanan sehat. Apa saja makanan yang tergolong sehat, dan apa saja makanan yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu Anda juga bisa memberi kesempatan pada anak untuk dapat merasakan, menyentuh, dan mencium bahan makanan.

Salah satu contoh makanan sehat untuk anak adalah kue camilan yang terbuat dari susu. Sebelum membuat makanan, Anda dapat menjelaskan kepada anak mengenai manfaat susu bagi kesehatan. Hal ini akan membuat anak lebih menyukai susu, karena dibuat dari hasil karyanya sendiri.

Dukungan nutrisi yang maksimal berupa ASI maupun MPASI sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang anak Anda. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

  1. Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi. Diformulasi dari bahan dasar isolat protein kedelai dan tanpa penambahan laktosa, susu ini dapat membantu mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

  1. Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

  1. Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

  1. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

0 Komentar

Belum ada komentar