Sukses

Apa Beda Probiotik, Prebiotik, dan Sinbiotik?

Tentu Anda sudah banyak mendengar tentang probiotik, prebiotik, dan sinbiotik. Jika belum tahu perbedaannya, mari kenali lebih jauh di sini!

Probiotik, prebiotik, dan sinbiotik banyak ditemukan di suplemen atau makanan sehat. Terutama untuk penanganan dan pencegahan gangguan pada saluran pencernaan. Namun, apa bedanya probiotik, prebiotik, dan sinbiotik?

Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Mikroorganisme yang dimaksud sebagian besar merupakan bakteri dari spesies Lactobacillus dan Bifidobacteria.

Manfaat probiotik pada anak sudah banyak dipelajari. Efek yang sudah terbukti adalah mencegah dan mengatasi diare. Probiotik juga dikatakan dapat memperbaiki pola defekasi (buang air besar) serta mencegah penyakit infeksi dan alergi pada anak. Selain itu, probiotik bermanfaat dalam mengatasi gangguan pencernaan lainnya, seperti gastritis, irritable bowel syndrome, serta kolik.

Prebiotik

Sedangkan, prebiotik adalah zat yang terkandung dalam makanan dan tidak dapat dicerna (non-digestible), yang bermanfaat bagi kesehatan dengan cara memodifikasi pertumbuhan dan aktivitas beberapa jenis bakteri di usus besar. Zat yang memenuhi kriteria tersebut adalah oligosakarida, seperti inulin, oligofruktosa, dan galaktooligosakarida.

Uji klinis mengenai manfaat prebiotik pada anak memang masih terbatas, namun prebiotik diperkirakan memiliki efek jangka panjang dalam mencegah dermatitis atopik dan penyakit infeksi pada anak sehat. Beberapa efek lainnya adalah mencegah diare dan konstipasi, mencegah kanker, serta menstimulasi penyerapan mineral.

Sinbiotik

Istilah sinbiotik digunakan untuk mendefinisikan kombinasi probiotik dengan prebiotik yang keduanya saling bersinergi.

Saat ini, semakin banyak susu formula bayi yang ditambahkan dengan sinbiotik. Menurut penelitian, konsumsi susu formula atau produk lain yang mengandung sinbiotik dapat meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan daya tahan bayi, dan menurunkan angka kejadian penyakit infeksi pada bayi seperti diare, infeksi saluran pernapasan, serta infeksi telinga.

Kini Anda sudah tahu beda antara probiotik, prebiotik, dan sinbiotik, kan?

0 Komentar

Belum ada komentar