Sukses

Prebiotik, Sahabat Saluran Cerna Anak

Pencernaan yang sehat berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Untuk memaksimalkannya, prebiotik bisa menjadi jawaban yang tepat!

Usus yang sehat juga berkaitan dengan tubuh yang sehat. Kini sudah diketahui bahwa keberadaan bakteri baik di dalam usus akan meningkatkan kesehatan saluran cerna.

Observasi secara klinis menunjukkan bahwa adanya bakteri baik di usus dapat mengurangi kejadian diare, kolik, nyeri perut, konstipasi, radang usus, kanker usus, dan sebagainya. Selain itu, efek terhadap tubuh secara keseluruhan adalah mengurangi penyakit alergi dan infeksi.

Pertumbuhan dan aktivitas bakteri di dalam usus dapat ditingkatkan dengan zat yang disebut prebiotik. Para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi berbagai prebiotik. Sampai saat ini, beberapa prebiotik sudah digunakan sebagai suplementasi nutrisi di antaranya laktulosa, inulin, oligofruktosa, dan galaktooligosakarida. Air susu ibu secara alami juga mengandung prebiotik, sehingga beberapa produk susu formula juga sudah mulai memasukkan prebiotik ke dalam produknya.

Prebiotik yang ideal adalah prebiotik yang dapat meningkatkan secara selektif jumlah dan aktivitas bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan saja, yaitu bifidobacteria and lactobacilli. Penelitian menunjukkan bahwa di antara beberapa prebiotik yang ada saat ini, laktulosa merupakan salah satu prebiotik yang paling banyak meningkatkan aktivitas bifidobacteria.

Selain meningkatkan jumlah bakteri baik, prebiotik juga dapat memproduksi asam laktat yang bermanfaat untuk mencegah kanker usus. Efek yang tidak diinginkan dari prebiotik adalah produksi gas sebagai hasil dari proses fermentasi, yang dapat menimbulkan rasa kembung atau begah.

Secara umum, prebiotik yang mengandung galaktosa (misalnya laktulosa) lebih efektif daripada prebiotik yang mengandung fruktosa (misalnya inulin) dalam meningkatkan jumlah bakteri baik bifidobacteria. Tak hanya itu, prebiotik tersebut juga turut meningkatkan produksi laktat serta menghasilkan gas lebih sedikit. 

0 Komentar

Belum ada komentar