Sukses

Kembung Setelah Minum Susu? Waspada Penyakit Ini!

Kembung setelah minum susu bukanlah keluhan sakit maag. Lalu, apa yang melatarbelakangi keluhan tersebut?

Bagi penderita sakit mag, rasa mual dan perut terasa begah adalah hal yang biasa. Namun jika rasa kembung timbul setelah minum susu atau mengonsumsi produk olahannya, bisa jadi itu bukan sakit mag.

Apa yang menjadi latar belakang keluhan tersebut?

Intoleransi laktosa. Pernah mendengar istilah ini?  Ini adalah keadaan di mana tubuh tidak dapat menoleransi laktosa –gugus gula yang terkandung dalam susu dan berbagai produk berbahan dasar susu. Rasa kembung yang timbul setelah minum susu atau mengonsumsi produk olahannya merupakan keluhan yang sering muncul dari penderita intoleransi laktosa. Selain itu, keluhan lain seperti; perut bergas, nyeri perut dan kembung juga sering terdengar.

Gangguan ini banyak ditemukan pada orang Asia, Amerika Selatan, dan orang asli Amerika. Intoleransi laktosa biasanya diturunkan dari orangtua dan gejala mulai dirasakan sejak usia dewasa muda. Namun terdapat beberapa kasus intoleransi laktosa yang mulai menimbulkan gejala sejak usia bayi. Salah satu penyebab intoleransi laktosa adalah akibat kurangnya enzim lactase. Padahal enzim ini berfungsi untuk mencerna laktosa –yang terkandung di dalam susu.

Bagaimana cara mengatasinya?

Tidak ada penanganan khusus untuk mengatasi keluhan ini. Jika Anda mengalami berbagai gejala di atas setelah minum susu, kurangi konsumsi susu dan bahan makanan berbahan dasar susu. Perhatikan apakah gejala Anda berkurang setelah konsumsi susu dihentikan. Carilah makanan kaya kalsium untuk menggantikan susu. Beberapa makanan yang memiliki kandungan kalsium. Misalnya brokoli, ikan sarden, salmon, tahu dan almond.

(NB/RH).

0 Komentar

Belum ada komentar