Sukses

Makan Tetap Nyaman Meski Asam Lambung Kambuh

Naiknya asam lambung menyebabkan keluhan nyeri ulu hati dan membuat rasa tidak nyaman, termasuk saat makan. Gunakan tip ini agar makan tetap nyaman saat asam lambung sedang kambuh.

Apakah Anda sering merasa nyeri ulu hati sesaat setelah makan? Keluhan nyeri ulu hati atau dikenal dengan heartburn adalah sensasi tidak nyaman akibat naiknya asam lambung.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah kelemahan sfingter esofagus bawah. Ini membuat asam lambung dapat naik dengan mudah ke esofagus dan menyebabkan keluhan nyeri ulu hati.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan ini, antara lain:

  • Jangan berbaring

Hindari berbaring, paling tidak 2-3 jam setelah makan. Saat berbaring, asam lambung akan lebih mudah naik ke esofagus. Karenanya sebaiknya Anda duduk dengan tegak agar gravitasi dapat mencegah asam lambung naik ke esofagus.

  • Hindari asupan ini

Beberapa asupan, seperti cokelat, pepermint, kafein, alkohol dan makanan berlemak dapat mengurangi kekuatan sfingter esofagus bagian bawah.

  • Jangan makan dalam porsi besar

Hindari makan dalam porsi besar. Semakin besar volume makanan Anda, maka semakin besar pula kemungkinan asam lambung untuk naik ke esofagus. Daripada makan dalam tiga porsi besar, cobalah untuk makan dalam lima porsi kecil dalam sehari.

  • Jauhi rokok dan alkohol

Hindari merokok dan alkohol sebelum, selama, ataupun setelah makan. Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung Anda, namun juga melemahkan kekuatan sfingter esofagus bagian bawah.

  • Minum segelas air

Minumlah segelas air di akhir waktu makan Anda. Segelas air putih dapat mengurangi proporsi dan konsentrasi asam lambung. Hindari jenis minuman, seperti soda, jus, dan alkohol.

  • Konsumsi makanan tinggi serat

Penelitian menyimpulkan bahwa diet tinggi serat menurunkan risiko refluks asam sebesar 20%. Serat dapat ditemukan pada sayuran, kacang-kacangan, gandum dan buah-buahan.

  • Jangan berolahraga sesaat setelah makan

Isi lambung akan lebih mudah naik jika Anda langsung melakukan gerakan aktif –seperti berlari atau melompat, usai makan. Karenanya, setelah Anda makan tunggulah sekitar 2 jam sebelum mulai berolahraga.

(NB/RH).

1 Komentar