Sukses

Mengatasi Masalah Puting Saat Menyusui

Menyusui adalah sebuah proses alami dari kehidupan seorang wanita. Namun tak jarang, timbul masalah pada puting selama masa menyusui berlangsung. Temukan solusinya di sini.

Menyusui adalah sebuah proses alami dari kehidupan hampir setiap wanita. Sebagian wanita sangat menunggu momen untuk dapat menyusui bayinya dan menikmati masa-masa menjalin kedekatan batin dengan si buah hati.

Menyusui juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan otak, dan daya tahan tubuh bayi. Namun, sebagian wanita memiliki hambatan dalam menyusui.

Salah satu masalah yang kerap menghambat ibu menyusui adalah masalah puting; seperti puting datar, puting masuk ke dalam atau puting terlalu besar.

Sebagian wanita memiliki puting yang masuk kedalam atau mendatar secara alami. Tapi terkadang puting juga dapat mendatar hanya untuk sementara waktu akibat pembengkakan yang terjadi selama menyusui.

Puting yang datar atau masuk ke dalam terkadang memang menyulitkan proses menyusui. Tapi ingat, proses menyusui masih dapat berlangsung selama mulut bayi dapat melekat dengan baik baik pada puting. Seiring dengan waktu, biasanya puting yang datar atau masuk ke dalam akan keluar karena hisapan bayi yang sering.

Berbeda dengan puting yang terlalu besar. Masalah ini juga dapat membuat bayi kesulitan untuk menghisap payudara. Puting yang terlalu besar bias menghambat bayi menghisap payudara hingga ke bagian areola (bagian kehitaman sekitar puting). Padahal hal ini penting agar perlekatan mulut bayi dan payudara ibu dapat terjadi dengan baik dan proses menyusui berlangsung efektif.

Apa yang dapat anda lakukan jika puting Anda datar, masuk ke dalam, atau terlalu besar? Simak tip berikut ini:

  • Gunakan jari Anda untuk menarik puting secara perlahan agar lebih menonjol. Selain itu, ada juga alat khusus yang didesain untuk menarik puting yang masuk ke dalam atau puting yang mendatar.
  • Jika puting Anda terlalu besar, jangan khawatir. Perlekatan antara mulut dan payudara pada ibu yang memiliki puting terlalu besar akan mengalami perbaikan seiring waktu.  Saat terjadi pertumbuhan bayi, ukuran mulut bayi akan ikut membesar sehingga puting yang terlalu besar tidak akan menjadi masalah lagi.  

Pada beberapa kasus, dibutuhkan waktu beberapa minggu agar mulut bayi dapat melekat dengan baik pada payudara ibu. Akan tetapi, jika ibu memiliki suplai ASI yang baik, bayi akan tetap mendapat ASI yang cukup walaupun perlekatan kurang sempurna. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli laktasi jika Anda memiliki pertanyaan tentang bentuk atau tipe puting -terutama jika bayi Anda memiliki masalah perlekatan.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar