Sukses

Agar Anak Tak Mudah Sakit Saat Traveling

Kenali cara tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, agar ia tetap sehat selama traveling.

Bepergian dengan anak pastinya sangat seru dan menyenangkan, apalagi jika Anda sudah merencanakannya sejak lama. Namun, perjalanan yang panjang dapat membuat anak kelelahan dan jatuh sakit. Lebih-lebih jika anak tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh. Yuk, simak bagaimana caranya agar kekebalan tubuh anak tidak menurun saat traveling!

Tidur Cukup

Berbagai studi mengungkapkan bahwa tidur dengan kuantitas dan kualitas yang baik bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur akan berakibat buruk bagi sistem kekebalan tubuh anak, sehingga ia bisa lebih mudah terserang penyakit.

Bayi yang baru lahir akan membutuhkan tidur 18-20 jam sehari, anak usia 1-2 tahun sebanyak 12-13 jam sehari, dan anak usia 3-5 tahun. Waktu tidur tersebut merupakan gabungan antara tidur siang dan tidur malam.

Menjaga Kebersihan

Pastikan agar anak selalu mencuci tangan sebelum makan serta setelah pergi ke toilet, bermain, memegang hewan peliharaan, dan bepergian. Apabila tidak tersedia tempat untuk mencuci tangan, gunakan tisu basah yang harus selalu tersedia dalam tas Anda atau anak.

Selain anak, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan tangan Anda, karena Anda akan sering memegangnya.

Kurangi Stres

Tidak hanya orang dewasa, anak juga dapat mengalami stres jika berada pada situasi yang baru atau melelahkan. Stres pada anak mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat berujung kepada rentannya anak terhadap penyakit.

Untuk mencegah agar anak tidak stres selama perjalanan, Anda dapat mengajaknya bermain dan bernyanyi agar ia menjadi ceria dan tidak bosan.

Olahraga

Agar tubuhnya selalu fit, ajak anak untuk berolahraga bersama. Jangan hanya menyuruh anak agar tertarik dan rutin berolahraga, Anda juga harus menjadi panutan yang baik dengan turut rajin berolahraga.

Anda dapat melakukan olahraga yang menyenangkan bersamanya, seperti bermain bulu tangkis, berenang, jogging, bersepeda, dan lain-lain. Dengan berolahraga rutin, tubuh anak akan menjadi sehat dan bugar, serta tidak mudah sakit.

Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang akan membuat tubuh anak sehat dan tidak mudah sakit. Ada beberapa jenis makanan yang secara spesifik mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Sayur dan buah seperti wortel, brokoli, ubi, jeruk, dan stroberi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kerja sel-sel imunitas tubuh. Sajikan lima porsi sayur dan buah setiap hari bagi anak untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Lima porsi kurang lebih adalah sebanyak sepuluh sendok makan.

Selain itu, Anda dapat memberikan anak yoghurt sebagai sarapan atau camilan bergizi. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Daging kaya akan kandungan zat besi, seng, dan protein yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Sajikan daging yang rendah lemak sebagai pilihan yang lebih sehat bagi anak.

Suplemen

Apabila diperlukan, Anda dapat pula memberikan suplemen multivitamin untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Terutama apabila ia sulit makan, sedang kurang sehat, sedang sakit, atau sedang dalam masa penyembuhan.

Dengan kiat-kiat di atas, anak pun akan lebih siap untuk traveling bersama keluarga. Sebelum berangkat, jangan lupa juga untuk mencatat nomor rumah sakit terdekat demi kenyamanan. 

0 Komentar

Belum ada komentar