Pencernaan

Tips Diet untuk Penderita Maag

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 06 Agt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak orang yang berkeinginan untuk menjalani program diet demi menurunkan berat badan, namun terkadang terkendala oleh penyakit maag. Anda tidak perlu khawatir. Berikut tips dari dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc.

Tips Diet untuk Penderita Maag

Bagi Anda yang sering mengalami keluhan maag, memilih makanan yang sesuai untuk dikonsumsi dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Banyak orang yang berkeinginan untuk menjalani program diet demi menurunkan berat badan, namun terkadang terkendala oleh penyakit maag. Ketahuilah, bila program diet dapat Anda terapkan dengan baik, maka keluhan maag tidak akan timbul.

Salah satu tips yang dapat dilakukan untuk tetap menjalani program diet tanpa memicu timbulnya sakit maag adalah dengan membuat jadwal pola makan yang teratur.

Bagi penderita maag, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sering dengan porsi yang lebih kecil atau sedikit. Di samping itu, Anda hendaknya tidak menunda waktu makan karena produksi asam pada lambung yang tidak terisi dapat menyebabkan iritasi pada sel-sel lambung.

Penderita sakit maag juga dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat mencetuskan keluhan. Beberapa jenis makanan tertentu akan memperlama pengosongan lambung dan memproduksi asam lambung dalam jumlah yang lebih banyak, yakni:

  • Cokelat.
  • Gorengan.
  • Makanan yang bersifat pedas, seperti cabai, merica, paprika.
  • Makanan yang memproduksi gas setelah dikonsumsi, seperti sawi, kol, kubis, nangka.

Selain itu, Anda juga perlu memodifikasi pola hidup sehari-hari guna mencegah timbulnya keluhan maag di saat menjalani program diet, seperti menghindari rokok.

Rokok merupakan salah satu penyebab produksi asam dan gas dalam lambung menjadi berlebihan. Kebiasaan merokok yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung ini dapat mengakibatkan timbulnya atau bertambah beratnya keluhan maag yang terjadi.

Tidak hanya itu, Anda juga harus berolahraga secara rutin yang teratur untuk mencapai hasil maksimal dari diet yang diterapkan. Olahraga yang dilakukan dapat bervariasi, seperti berjalan atau berlari di pagi hari. Selain itu olahraga kompetitif, seperti tenis, bulu tangkis, dan sebagainya juga dapat Anda lakukan.

Selain mengatur pola makan dan aktivitas fisik, mengatur waktu tidur juga merupakan faktor penting dalam program diet pada penderita maag. Karena pola tidur yang tidak tepat dan waktu tidur yang kurang dapat memicu timbulnya keluhan maag. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam setiap harinya. (NB)

Pola MakanMaaglambungDiet

Konsultasi Dokter Terkait