Tulang

Cegah Osteoporosis dengan Pepaya, Kok Bisa?

dr. Aldico Sapardan Sp.OT, 05 Agt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh pada umumnya, tahukah Anda bahwa pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan risiko osteoporosis? Berikut info medis dari dr. Aldico Sapardan, Sp.OT.

Cegah Osteoporosis dengan Pepaya, Kok Bisa?

Manfaat pepaya bagi tubuh sangat banyak. selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung serat makanan yang tinggi. Selain itu, pepaya juga mengandung gizi yang sangat baik bagi kesehatan tulang, lho!

Tidak banyak orang mengetahui manfaat pepaya dalam membantu mencegah osteoporosis. Salah satu kandungan gizi pepaya yang sangat penting dan membantu mencegah proses osteoporosis adalah potasium.

Potassium secara alami bisa didapat dari konsumsi buah dan sayuran. Pepaya adalah salah satu buah dengan kandungan potasium tinggi yang dapat kita temui sehari-hari. Pepaya menempati urutan kedua buah yang memiliki kandungan potasium tertinggi setelah pisang.

Di dalam tubuh, potasium bermanfaat untuk menghambat proses pemecahan tulang (resorpsi). Pada lansia, di mana risiko kejadian osteoporosis meningkat, dihambatnya resorpsi tulang ini sekaligus mempertahankan kekuatan tulang.

Di samping itu, kandungan potasium dalam darah yang mencukupi juga akan membantu menetralkan tingkat keasaman tubuh. Keasaman tubuh yang terkendali akan mendukung ketersediaan kalsium di dalam tubuh, sehingga menunjang kekuatan tulang.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ingin menambahkan pepaya dalam menu asupan harian. Karena selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, pepaya juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

pepayaPencegahan OsteoporosisOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait