Sukses

Beda Osteopenia dan Osteoporosis

Osteopenia dan osteoporosis merupakan dua istilah yang terdengar hampir mirip. Sebenarnya, apa bedanya osteopenia dan osteoporosis? Berikut info medis dari dr. Aldico Sapardan, Sp.OT.

Osteopenia dan osteoporosis merupakan dua istilah yang terdengar hampir mirip. Namun kenyataannya, kedua istilah tersebut memiliki makna yang sangat berbeda.

Osteopenia adalah suatu kondisi di mana kepadatan mineral tulang atau Bone Mineral Density (BMD) lebih rendah dari puncak BMD normal, tetapi tidak cukup rendah untuk diklasifikasikan sebagai osteoporosis.

Kepadatan mineral tulang adalah angka hasil pengukuran tingkat mineral dalam tulang yang menunjukkan kepadatan dan kekuatannya. Jika kepadatan tulang Anda lebih rendah daripada kepadatan tulang puncak normal, maka Anda dapat dikatakan menderita osteopenia. Seiring berjalannya waktu, risiko kepadatan tulang yang semakin menurun akan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

Untuk mengetahui kepadatan mineral tulang, terdapat jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan, yakni DEXA test. Pemeriksaan ini dapat membantu menentukan massa tulang dan menentukan apakah Anda memiliki kepadatan mineral tulang yang normal, osteopenia atau osteoporosis.

Tes ini memberikan T-score yang membandingkan kepadatan mineral tulang (BMD) Anda dengan kepadatan mineral optimal dari orang dewasa sehat berusia 30 tahun. Apabila T-score menunjukan angka -1,0 ke atas, maka artinya Anda memiliki kepadatan tulang yang normal. Namun apabila T-score menunjukan angka antara -2.5 dan -1.0, maka artinya Anda memiliki massa tulang yang rendah (osteopenia). Lalu, apabila T-score menunjukan angka di bawah -2,5, artinya Anda mengalami osteoporosis.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa osteopenia adalah kepadatan mineral tulang atau Bone Mineral Density (BMD) yang rendah. Sedangkan osteoporosis adalah tingkat kepadatan mineral tulang yang lebih rendah dari osteopenia. Dengan kata lain, osteoporosis adalah lanjutan dari osteopenia yang tidak mendapatkan tata laksana dengan baik dan benar.

0 Komentar

Belum ada komentar