Sukses

Berapa Banyak Suplemen Kalsium yang Dibutuhkan?

Suplemen kalsium dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar tulang sehat dan terhindar dari osteoporosis. Namun, berapa banyak suplemen kalsium yang dibutuhkan?

Kalsium berperan penting, karena kalsium memberikan kekuatan bagi tulang dan gigi. Tubuh manusia mengandung sekitar 1 kg mineral penting ini, dan 99%-nya terdapat di dalam tulang.

Manusia harus cukup mendapat asupan kalsium dari makanan sehat, tanpa suplemen tambahan. Jumlah kalsium yang direkomendasikan adalah sebanyak 700 mg asupan kalsium per hari. Namun bagi mereka yang menderita osteoporosis, maka asupan kalsium yang dibutuhkan adalah sekitar 1000 mg kalsium per hari (dengan suplememen tambahan).

Sebenarnya, banyaknya kalsium yang dibutuhkan manusia tergantung dari usia dan jenis kelamin.

Rekomendasi Diet Harian (RDA) untuk usia dewasa

Pria

Jumlah yang dianjurkan

Batas maksimal

19-50 tahun

1.000 mg

2.500 mg

51-70 tahun

1.000 mg

2.000 mg

71 tahun ke atas

1.200 mg

2.000 mg

Wanita

Jumlah yang dianjurkan

Batas maksimal

19-50 tahun

1,000 mg

2,500 mg

51 tahun ke atas

1,200 mg

2,000 mg

Batas maksimal dari tabel tersebut adalah batas aman dalam mengonsumsi kalsium, bukan target yang harus dicapai. Apabila mengonsumsi kalsium lebih dari batas maksimal, maka Anda justru akan menghadapi masalah yang berkaitan dengan kelebihan kalsium.

Lalu, berapa banyak suplemen kalsium yang dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis?

Tubuh Anda hanya dapat menyerap sekitar 500 mg kalsium dari suplemen kalsium dalam satu kali minum. Jadi apabila dosis yang diperlukan tubuh Anda lebih dari itu, bagilah dosisnya menjadi beberapa kali minum. Namun apabila dalam menu asupan harian sudah mengandung makanan yang berkalsium, sebaiknya kurangi dosis suplemen kalsium yang Anda konsumsi.

Berdasarkan National Osteoporosis Foundation, jumlah harian kalsium yang dikonsumsi sebaiknya tidak melebihi 1500 mg. Sebab kalsium akan dieksresikan lewat ginjal. Jadi apabila asupan kalsium yang Anda konsumsi berlebihan dari jumlah yang seharusnya, maka hal ini akan meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen kalsium, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat mengetahui berapa banyak suplemen kalsium yang Anda butuhkan dalam sehari.

0 Komentar

Belum ada komentar