Sukses

Efektifkah Suplemen Kalsium dalam Mencegah Osteoporosis?

Pemenuhan kebutuhan kalsium sangat penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Namun, efektifkah suplemen kalsium dalam mencegah osteoporosis? Berikut ulasannya.

Kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang yang optimal. Cara terbaik untuk mendapatkan kalsium adalah dengan mengonsumsi asupan tinggi kalsium,. Selain mengonsumsi asupan tersebut, kalsium juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen kalsium.

Apabila tubuh tidak mendapat asupan kalsium yang cukup, maka tubuh akan menghadapi masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang lemah/rapuh. Misalnya, kurangnya kalsium pada anak akan berdampak pada masalah tinggi badan anak tersebut. Sedangkan pada orang dewasa, kurangnya kalsium akan menyebabkan massa tulang yang rendah, yang dapat menjadi cikal bakal osteoporosis.

Seberapa banyak kalsium yang dibutuhkan manusia tergantung  pada usia dan jenis kelamin.

Rekomendasi Diet Harian (RDA) untuk usia dewasa

Pria

Jumlah yang dianjurkan

Batas maksimal

19-50 tahun

1.000 mg

2.500 mg

51-70 tahun

1.000 mg

2.000 mg

71 tahun ke atas

1.200 mg

2.000 mg

Wanita

Jumlah yang dianjurkan

Batas maksimal

19-50 tahun

1,000 mg

2,500 mg

51 tahun ke atas

1,200 mg

2,000 mg

Tubuh manusia tidak memproduksi kalsium. Jadi Anda harus bisa mendapatkannya dari sumber lain. Kalsium dapat diperoleh dari beberapa variasi makanan, seperti:

  • Produk turunan susu, seperti susu, keju dan yoghurt.
  • Sayuran hijau, seperti brokoli dan kubis.
  • Ikan tulang lunak, seperti sarden dan ikan salmon dalam kaleng.
  • Makanan atau minuman yang kaya kalsium, seperti produk kacang kedelai (tahu, tempe dan susu kacang kedelai), sereal, serta jus buah.

Manusia membutuhkan asupan vitamin D sekitar 600 IU (15 mikrogram) per hari untuk orang dewasa. Untuk dapat menyerap kalsium, tubuh membutuhkan vitamin D. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D secara alami, seperti ikan salmon dan kuning telur dapat Anda jadikan pilihan untuk ditambahkan ke dalam menu asupan harian. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan pembentukan vitamin D dalam tubuh dengan paparan sinar matahari pagi.

Tapi efektifkah suplemen kalsium dalam mencegah osteoporosis?

Mengonsumsi suplemen kalsium sebanyak 500 mg per hari dapat mempermudah penyerapan kalsium ke dalam tulang. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa suplemen kalsium yang dikonsumsi secara teratur berhubungan erat dengan peningkatan massa tulang sekitar 1-5 persen. Perlu diperhatikan bahwa konsumsi suplemen kalsium terutama dibutuhkan apabila asupan gizi Anda sehari-hari tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium. Pemenuhan kebutuhan kalsium, baik dengan bahan makanan maupun dengan dukungan suplemen hendaknya dibiasakan sejak muda, tidak menunggu usia lanjut, apalagi ketika keluhan tulang sudah Anda alami.

Oleh karena itu, akan sangat baik saat  berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai pemilihan jenis suplemen kalsium yang sesuai dengan kondisi Anda, pastikan untuk memperoleh manfaat utama -yakni mencegah osteoporosis- dari suplemen kalsium yang Anda konsumsi.

0 Komentar

Belum ada komentar