Sukses

Cegah Osteoporosis dengan Liburan, Begini Caranya

Selain dapat menyegarkan tubuh dan pikiran, tahukah Anda bahwa liburan juga bisa membantu mencegah osteoporosis? Namun liburan seperti apa? Berikut selengkapnya dari dr. Aldico Sapardan, Sp.OT.

Siapa yang tidak ingin liburan? setiap orang pasti menginginkannya. Dengan liburan, tubuh dan pikiran akan rileks dan segar kembali.

Selain dapat menyegarkan tubuh dan pikiran, tahukah Anda bahwa liburan juga bisa membantu mencegah osteoporosis?

Liburan dapat mencegah osteoporosis

Liburan yang dapat mencegah osteoporosis berhubungan erat dengan kegiatan yang dilakukan  selama liburan itu sendiri. Misalnya, saat  berada di objek wisata, tanpa sadar Anda rela untuk berjalan mengelilingi objek wisata tersebut guna menikmati segala sesuatu yang ada di sana.

Di samping itu, pada saat liburan orang cenderung menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki demi mencapai tempat-tempat tujuan wisata bahkan banyak yang berenang pada saat menginap di vila/ hotel atau ketika berwisata ke pantai/laut.

Hal ini baik, karena banyak berjalan dan paparan sinar matahari yang cukup, penting untuk membangun tulang yang kuat pada saat usia muda. Selain itu, juga turut meningkatkan kekuatan otot dan tulang sepanjang hidup Anda, serta mengurangi risiko patah tulang yang rapuh.

Sebagian besar orang cenderung malas atau bahkan tidak memiliki waktu untuk berolahraga. liburan akan membuat mereka lebih termotivasi untuk berjalan, walau hanya sekedar untuk berfoto dan meningkatkan wawasan di tempat-tempat destinasi wisata.

Perlu diketahui, banyak berjalan dapat menguatkan tulang secara langsung. Selain itu, juga mampu meningkatkan keseimbangan, sehingga tubuh tidak mudah terjatuh. Terlepas dari Anda penderita osteoporosis atau bukan, sering berolahraga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan mengurangi risiko terjadinya patah tulang.

Olahraga yang cukup tidak hanya membuat Anda menjadi sehat dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis ataupun patah tulang  Tapi juga bermanfaat bagi  jantung dan mengurangi risiko terjadinya kondisi lain seperti kanker.

Olahraga dan latihan membantu mengurangi beberapa jenis nyeri dan kekakuan. Jenis olahraga yang spesifik juga dapat mengurangi nyeri dan masalah lain yang disebabkan oleh patah tulang akibat kerapuhan.

Jadi, maksud dari liburan dapat mencegah osteoporosis adalah karena ketika liburan Anda akan secara tidak langsung melakukan beberapa kegiatan olahraga yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tulang.

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut, jalan santai yang dilakukan setiap hari akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Apabila Anda rentan terjatuh, tingkatkanlah durasi berjalan  -bukan kecepatannya. Karena berjalan cepat justru akan meningkatkan risiko terjatuh.

0 Komentar

Belum ada komentar