Sukses

Perbedaan Nyeri Sendi dan Nyeri Otot

Membedakan nyeri otot dan nyeri sendi merupakan hal yang penting. Ini berguna untuk membantu menemukan penyebab nyeri tersebut. Simak selengkapnya di sini.

Nyeri merupakan suatu keluhan yang pernah dirasakan oleh hampir setiap orang. Bila timbul nyeri pada salah satu bagian tubuh, penderita pasti ingin mengetahui faktor penyebabnya.

Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan nyeri, pasien harus mengetahui terlebih dahulu apakah nyeri tersebut adalah nyeri otot atau nyeri sendi.

Nyeri Sendi

Artralgia atau yang dikenal dengan istilah nyeri sendi umumnya timbul pada bagian tubuh tertentu, yaitu sendi dan tempat bertemunya dua tulang atau lebih pada tubuh.

Nyeri sendi umumnya disebabkan oleh trauma atau cedera, infeksi, penyakit rematik, maupun kelainan degeneratif lainnya. Nyeri sendi umumnya dikeluhkan pada sendi lutut, sendi panggul, sendi bahu, serta sendi pada jari-jari tangan dan kaki.

Selain itu, nyeri sendi umumnya tetap dirasakan walaupun sedang dalam kondisi istirahat atau tidak menggerakkan sendi tersebut dan sering kali disertai dengan kekakuan. Walaupun tidak selalu, nyeri sendi umumnya dikaitkan dengan keluhan lain seperti warna kemerahan, pembengkakan, dan rasa hangat di sekitar sendi yang mengalami nyeri. Bila terjadi, maka hal ini disebut sebagai artritis atau peradangan sendi.

Nyeri Otot

Mialgia atau yang dikenal dengan istilah nyeri otot merupakan salah satu keluhan yang pernah dirasakan hampir setiap orang. Nyeri otot dapat dirasakan oleh setiap bagian tubuh. Sebab hampir seluruh bagian tubuh memiliki jaringan otot.

Nyeri otot umumnya timbul sebagai akibat dari cedera fisik. Misalnya terjatuh, aktivitas fisik berat, atau aktivitas lain yang menyebabkan tingkat ketegangan otot menjadi meningkat. Nyeri yang timbul akibat nyeri otot dapat disertai rasa kram dan spasme atau kekakuan.

Nyeri otot dan nyeri sendi dapat dibedakan melalui fakta bahwa nyeri otot umumnya berlangsung lebih singkat. Kadar nyeri akan semakin berat sehubungan dengan aktivitas yang dilakukan dan dapat berkurang dengan beristirahat.

Membedakan nyeri otot dan nyeri sendi merupakan hal penting, karena dapat turut membantu untuk menentukan penyebab timbulnya nyeri.

0 Komentar

Belum ada komentar