Sukses

Cara Mengatasi Bengkak Karena Keseleo

Bengkak karena keseleo bisa terjadi karena olahraga ataupun aktivitas lainnya. Bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya?

Bengkak karena keseleo sudah bukan merupakan hal yang aneh lagi bagi Anda yang gemar melakukan olahraga fisik. Meski begitu, keseleo dapat terjadi pada siapa saja, baik anak ataupun dewasa. Keseleo merupakan akibat dari peregangan otot yang kurang benar, atau karena peregangan otot yang dilakukan secara berlebihan.

Gejala yang sering terjadi pada penderita yang mengalami keseleo adalah pembengkakan pada persendian serta rasa nyeri yang sangat, terutama jika digerakkan. Pembuluh darah pada penderita keseleo akan mengalami kebocoran dan memungkinkan cairan keluar dari tempat asalnya, yang menyebabkan pembengkakan pada sekitar sendi yang mengalami luka. Bisa juga disertai perubahan warna di sekitar sendi yang bengkak. Warna dari biru hingga hitam tergantung seberapa besar luka yang ditimbulkan.

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan jika bengkak karena keseleo terjadi pada Anda?

Perawatan yang Anda lakukan bertujuan untuk mengurangi bengkak karena keseleo, serta nyeri yang ada. Tapi sebelumnya, diperlukan kepastian bahwa yang terjadi pada Anda bukanlah suatu patah tulang melainkan hanya keseleo. Karena kedua hal ini mempunyai cara penanganan yang berbeda.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bengkak karena keseleo:

  • Istirahatkan kaki

Istirahat akan mencegah peradangan lebih lanjut pada sendi yang terluka. Istirahat juga akan mengurangi stres yang dialami pada otot Anda.

  • Kompres dengan air es atau air dingin

Air dingin akan mengurangi bengkak dengan penyempitan pembuluh darah, yang terjadi sesaat setelah Anda mengompres sendi Anda dengan air es tersebut.

  • Gunakan bebat elastis

Untuk menghentikan perdarahan yang terjadi pada sendi yang terluka, Anda bisa menggunakan bebat elastis yang dijual di toko alat-alat olahraga. Diharapkan dengan terhentinya perdarahan yang terjadi maka bengkak pun akan berkurang.

  • Naikkan kaki

Anda bisa mencoba menaikkan kaki yang keseleo, sehingga posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan jantung. Untuk membantu posisi yang seperti itu, gunakanlah bantal di bawah kaki Anda.

Semoga beberapa kiat tersebut dapat meringankan bengkak karena keseleo yang Anda alami. Apabila bengkak tidak kunjung mereda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar