Sukses

Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Redakan Nyeri Lutut

Banyak orang beranggapan bahwa jika Anda mengalami nyeri lutut, maka yang harus Anda lakukan adalah tidur bahkan berdiam diri. Padahal, ada beberapa jenis olahraga yang malah bisa mengurangi gejala nyeri lutut tersebut.

Nyeri lutut merupakan salah satu keluhan yang sering dialami beberapa orang, terutama yang sehari-harinya melakukan aktivitas berat. Melakukan pekerjaan berat yang banyak melibatkan pergerakan sendi lutut adalah faktor yang sering menjadi penyebab dari nyeri lutut.

Selain itu, pada saat melakukan olahraga seperti lari, lutut menjadi tumpuan beban tubuh sehingga rentan mengalami cedera yang berujung pada nyeri lutut.

Selain kegiatan sehari-hari, yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya nyeri lutut adalah umur dan berat badan ideal. Semakin bertambahnya umur maka akan semakin mudah mengalami nyeri lutut karena berbagai macam penyebab. Berat badan yang melebihi berat badan normal juga lebih mudah mengalami nyeri lutut, dikarenakan lutut yang terlalu berat menumpu berat badan Anda.

Banyak orang beranggapan bahwa jika Anda mengalami nyeri lutut, maka tidak ada aktivitas lain yang dapat Anda lakukan kecuali tidur, istirahat, atau berdiam diri. Padahal, ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala nyeri lutut tersebut, misalnya:

  • Berjalan

Olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Selain dapat membantu mengurangi nyeri, juga bermanfaat untuk mengatasi berat badan berlebih (yang mungkin merupakan penyebab dari nyeri lutut yang Anda alami).

  • Berenang

Olahraga selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri lutut adalah berenang. Tumpuan saat Anda melakukan olahraga renang bukanlah di lutut. Karena itu, olahraga ini dapat Anda lakukan saat mengalami nyeri lutut. Air juga mampu membantu menahan berat Anda selama berenang

  • Sepeda

Olahraga bersepeda juga bisa Anda lakukan. Karena olahraga ini memberikan tumpuan bukan pada lutut, melainkan pada pinggul Anda saat mengayuh.

Olahraga-olahraga yang telah disebutkan di atas dapat membantu mengurangi nyeri lutut yang Anda alami. Hanya saja, tetap harus dilakukan pemanasan serta peregangan otot yang benar untuk mencegah semakin buruknya kondisi lutut Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar